Nostalgia 10 Minuman Jadul Paling Legendaris, Mana Favoritmu?

JABARNEWS | BANDUNG – Nostalgia memang selalu menyenangkan. Gak melulu ingat-ingat kejadian di masa lalu, tapi makanan dan minuman yang dulunya sering kita temui menjadi hal yang istimewa.

Kalau membahas soal minuman, yang terlintas di pikiran masyarakat Indonesia saat ini pasti nggak jauh-jauh dari minuman-minuman modern dalam kemasan yang dijual di supermarket. Mulai dari minuman berenergi, minuman soda berkarbonasi hingga minuman rasa-rasa ‘kekinian’ seperti taro dan matcha.

Kalau melihat ke masa-masa puluhan tahun silam, minuman-minuman yang beredar di Indonesia masihlah sangat tradisional. Pasalnya, di tahun 90-an film-film kartun masih berjaya dan banyak diputar di stasiun TV nasional.

Selain itu, di tahun 90-an belum ada smartphone, sehingga lebih banyak kenangan menarik yang tercipta bersama teman-teman dan keluarga.

Nah, buat kamu yang pernah dan sudah lahir di era 90-an, coba deh kamu masih ingat nggak dengan 10 minuman anak legendaris ini. Kalau masih ingat, berarti masa kecilmu penuh kesegaran.

1. Badak



Soda Cap Badak termasuk minuman jaman dulu yang populer banget dan masih bisa ditemukan hingga saat ini. Hanya saja, perjuangan untuk menemukan Badak ini harus lebih ekstra karena penjualan minuman tersebut sudah sangat terbatas.

Badak adalah minuman yang berasal dari Siantar. Meskipun asalnya dari Siantar, Badak ini cukup populer di Jawa, lho. Usut punya usut, Badak ini adalah minuman bersoda pertama yang dibuat di dalam negeri.

Kalau penasaran dengan rasa minuman ini, rasanya sedikit mirip dengan root beer, tetapi ada ciri khas tersendiri yang membuat minuman ini tak lekang oleh zaman. Dan, untuk Anda yang ingin nostalgia dengan minuman ini, silakan beli produknya secara online.

2. Orson



Meskipun tampilannya seperti sirup, tetapi Orson ini adalah minuman jaman dulu yang bisa langsung diminum tanpa dicampur dengan air lagi. Orson memiliki tekstur yang lebih encer dan tampilannya pun mirip dengan limun.

Baca Juga:  Komitmen Ridwan Kamil Percepat Vaksinasi Covid-19 Diapresiasi Kemenkes

Minuman yang dikemas dalam botol kaca ini biasanya dituang ke dalam plastik, lalu diberi potongan es batu. Orson biasanya tidak mengandung soda, sehingga rasanya lebih segar ketika diminum di siang hari yang terik.

Dulu, minuman ini dapat ditemukan dengan mudah di warung-warung yang berada dekat sekolahan. Namun, saat ini Anda sudah tidak bisa menemukan Orson karena popularitas minuman ini tergantikan dengan soda modern dan minuman yang dikemas dalam bentuk sachet.

3. Capri-Sonne



Kalau jaman dulu, minuman yang satu ini tergolong eksklusif karena hanya dijual di supermarket dan harganya pun lebih mahal dibanding sejumlah minuman jadul lainnya. Capri-Sonne adalah produk minuman dari Jerman yang dikemas dalam kantong alumunium foil. Di bagian tengah atas terdapat lubang untuk menancapkan sedotan.

Capri-Sonne tersedia dalam rasa yang variatif, mulai dari Jeruk, Apel, Anggur, Nanas, dan masih banyak lagi. Meskipun sekarang merk minuman ini masih dijual di supermarket, tetapi rasanya sudah berbeda dengan yang dulu.

4. Gatorade



Yang satu ini adalah minuman jaman dulu yang sebenarnya masih eksis hingga saat ini. Namun, minuman berenergi ini disebut-sebut memiliki tampilan kemasan dan rasa yang berbeda dengan yang dulu. Adalah Gatorade yang merupakan minuman populer di tahun 90-an.

Kini, Gatorade sudah dikemas dalam botol plastik, padahal dulu minuman ini masih ditempatkan di dalam botol kaca. Anak-anak pada tahun 90-an pasti ingin mencoba minuman yang dulunya mengusung Michael Jordan sebagai bintang iklannya. Dengan rasa jeruk yang segar, Gatorade sangat cocok diminum dalam suhu yang dingin.

5. Limun



Kata “limun” sebenarnya diambil dari “Lemonade” yang artinya air perasan jeruk. Seiring berkembangnya zaman, limun tidak hanya menyediakan rasa jeruk saja, tetapi juga rasa-rasa lainnya.

Baca Juga:  Masyarakat Sukasari Impikan Fasilitas Rawat Inap

Di tahun 90-an sampai awal 2000, limun jadul yang dikemas dalam botol kaca memang sangat populer. Biasanya, tutup botolnya terbuat dari tutup botol kaleng yang harus dibuka dengan pembuka botol khusus.

Harga limun cenderung lebih murah dibanding minuman bersoda. Limun bisa langsung diminum dengan es batu, sehingga membuat minuman ini nampak serupa dengan Orson. Bedanya, Orson tidak mengandung soda, sedangkan limun sebagian besar mengandung soda.

6. RC Cola



Anak-anak yang lahir di tahun 80 atau 90-an pasti pernah mengetahui minuman berkarbonasi ini, yaitu RC Cola. Ini adalah minuman soda yang sempat tren banget pada tahun 90-an. Hampir semua pedagang minuman pasti menjual minuman ini.

Hanya saja, popularitas RC Cola tidak bertahan lama. Coca Cola yang mulai dipasarkan di Indonesia menggeser popularitas RC Cola ini. Jadi, minuman ini punah dengan sendirinya. Saat ini pun kita sudah tidak bisa lagi menemukan RC Cola.

7. Temulawak



Jangan membayangkan rasa minuman temulawak yang pahit seperti jamu. Minuman jaman dulu yang satu ini berbeda karena rasanya manis dan menyegarkan, jauh sekali dengan rasa jamu yang cenderung pahit. Temulawak ini biasa dijumpai di Jawa Timur karena pabrik produksinya berada di Jombang dan Banyuwangi.

Biasanya, temulawak akan dikemas dalam kemasan botol kaca berwarna gelap. Soal rasa, temulawak ini menawarkan cita rasa soda dan manis. Walaupun tergolong minuman jadul, sari temulawak ini masih bisa ditemukan di sejumlah warung-warung kecil di Jombang maupun Banyuwangi. Jangan lupa untuk turut memesan es batu agar rasa minuman ini jadi tambah segar.

8. Sirup Tjampolay



Sirup adalah minuman yang sudah ada sejak zaman penjajahan. Namun, merk sirup yang satu ini tetap tidak lekang oleh waktu meskipun sudah ada sejak tahun 1936. Sirup Cap Buah Tjampolay adalah sirup yang sangat populer di tahun 80 sampai 90-an.

Baca Juga:  May Day, Buruh Depok Tolak TKA

Sebelum ada merk-merk sirup modern yang diiklankan di televisi, sirup ini sudah lebih dulu populer. Sirup yang menjadi oleh-oleh khas Cirebon ini tersedia dalam rasa Jeruk Nipis, Mangga Gedong, Pisang Susu, Asam Jeruk, dan lain-lain. Dari rasanya saja sudah lain dari pada yang lain, ya!

9. SAP



Salah satu minuman jaman dulu yang paling dirindukan saat ini adalah SAP. Ini adalah minuman ringan yang dikemas dalam botol kaca dengan logo sebuah apel berwarna merah. Minuman ini tidak mengandung soda, tapi tetap terasa segar jika diminum dalam keadaan dingin.

Varian rasa SAP yang paling terkenal adalah moka, di mana minumannya berwarna cokelat susu. Selain moka, SAP juga menawarkan rasa sirsak yang tak kalah menyegarkan, lho.

10. Green Spot



Siapa yang pernah minum minuman soda rasa jeruk ini? Ya, Green Spot adalah minuman populer di era tahun 90-an. Bukan hanya di Indonesia saja, Green Spot juga menjadi minuman favorit di negara-negara lain di Asia Tenggara.

Meskipun diproduksi di Amerika, tetapi di negara Paman Sam tersebut justru minuman ini tidak terlalu populer. Sayangnya, lama kelamaan Green Spot juga hilang dari peredaran lantaran ada kompetitor besar yang mulai masuk ke Indonesia dan menyediakan minuman soda rasa jeruk juga, yaitu Fanta.

Itu dia 10 minuman legendaris yang dahulu sempat menjadi favorit bagi anak generasi 90-an. Apakah salah satunya ada yang Anda sukai? Atau Anda punya minuman favorit jadul lainnya? (Red)