Imbas Covid-19, AFF Tunda Turnamen Sepakbola di Indonesia

JABARNEWS | Bandung – Merebaknya penyebaran virus corona baru alias Covid-19, berimbas pula pada sejumlah turnamen sepakbola antarnegara di Asia Tenggara.

Federasi Sepakbola Asean (AFF) secara resmi menunda Piala AFF U-16 dan Piala AFF U-20, yang sedianya akan berlangsung di Indonesia.

Piala AFF U-16 rencananya akan berlangsung pada Juni 2020. Kemudian Piala AFF U-20 akan berlangsung sebulan kemudian.

Dua turnamen lain yang juga ditunda adalah Piala AFF Putri 2020 di Filipina pada Mei nanti, serta Piala AFF Putri U-18 2020 di Indonesia, Juni mendatang.

Kepastian itu disampaikan oleh Presiden AFF, Khiev Sameth. Keputusan penundaan diambil guna melindungi kesehatan para pemain.

“Ini adalah waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk seluruh dunia, termasuk keluarga dan komunitas sepakbola. Tapi, kami akan melewatinya bersama,” papar Khiev Sameth, seperti dilansir laman Asean Football, Kamis (26/3/2020).

“Karena risiko penularan penyakit pada event sepakbola sangatlah tinggi. Kami telah membuat keputusan yang setelah dipertimbangkan untuk menunda, dan bila diperlukan membatalkan,” jelasnya.

Penundaan itu dilakukan untuk meminimalkan kontak sosial. “Tujuannya untuk melindungi keselamatan dan kesehatan para pegiat sepakbola,” jelasnya.

Meski demikian, ada beberapa turnamen lain sepanjang tahun ini yang belum mengalami penundaan.

Sebut saja Piala AFF U-15 Putri 2020 di Indonesia pada September, serta tiga kejuaraan di Thailand yakni Piala AFF Futsal, Piala AFF Sepakbola Pantai, dan Piala AFF Futsal Klub. (Suara)