Sering Kehujanan? Simak Tips Ini Agar Tidak Pusing Setelahnya

JABARNEWS | BANDUNG – Musim hujan yang tengah melanda sejumlah wilayah di Indonesia membuat tidak sedikit orang mau tak mau harus rela hujan-hujanan di jalan karena terjebak atau terburu-buru, khususnya mereka yang mengendarai sepeda motor.

Saat seseorang kehujanan, terdapat mitos sejak lama yang mengatakan bahwa mereka harus cepat-cepat mandi dan berkeramas agar tidak jatuh sakit setelahnya. Dan mitos ini diyakini oleh tak sedikit orang betul adanya.

Musim hujan yang tidak bisa ditebak, membuat Anda sering hujan-hujanan karena tidak bawa payung. Anda mungkin sering diingatkan bahwa hujan-hujanan bisa bikin sakit. Mulai dari terkena flu, masuk angin, hingga sakit kepala.

Biasanya akan diminta untuk segera keramas dengan air hangat sehabis hujan-hujanan. Katanya, sih, hal ini dilakukan supaya Anda tidak pusing atau sakit kepala setelah terkena hujan. Apa benar begitu? Yuk, cari tahu faktanya lewat ulasan berikut ini dilansir Hello Sehat.

Kenapa harus keramas dengan air hangat setelah hujan-hujanan?

Pusing yang teman-teman rasakan karena kehujanan disebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah ini adalah respons tubuh untuk mempertahankan panas alami agar tubuh tidak kedinginan.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Kesehatan 12 Juni 2022, Pemilik Rasi Bintang Virgo dan Scorpio

Hal ini dilakukan tubuh karena saat terguyur hujan, suhu tubuh kita yang panas akan menjadi kaget saat terguyur air hujan yang dingin, walaupun hanya sedikit.

Selain itu, penyempitan pembuluh darah juga menyebabkan alirah darah yang membawa oksigen ke tubuh menjadi tidak lancar.

Sampai saat ini, sebetulnya belum ada penelitian yang mengatakan bahwa hujan-hujanan bisa bikin sakit, apalagi bikin pusing atau sakit kepala. Akan tetapi, para pakar kesehatan menduga bahwa dinginnya air hujan yang mengenai kepala bisa menyebabkan suhu tubuh berubah secara mendadak.

Ketika terguyur air hujan, suhu tubuh yang cenderung panas akan “kaget” saat terkena air hujan yang suhunya dingin. Nah, perubahan suhu tubuh secara tiba-tiba inilah yang dapat memicu sakit kepala atau flu.

Baca Juga:  Berikut Ramalan Zodiak 4 April 2022 untuk hari ini

Jika ditelisik lebih dalam lagi, cuaca dingin juga menyebabkan pembuluh darah jadi menyempit. Hal ini terjadi sebagai respon alamiah tubuh dalam mempertahankan panas supaya tubuh tidak kedinginan.

Namun di sisi lain, penyempitan pembuluh darah tersebut juga mengakibatkan aliran darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh jadi tidak lancar. Jika otak tidak mendapatkan cukup oksigen, Anda akan merasa pusing atau sakit kepala setelah hujan-hujanan.

Itulah kenapa banyak orang percaya bahwa keramas dengan air hangat bisa membantu mengatasi pusing setelah hujan-hujanan. Pasalnya, keramas dengan air hangat dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran oksigen jadi lebih lancar. Alhasil, Anda tidak lagi pusing atau terkena demam setelah hujan-hujanan.

Cara meredakan pusing setelah hujan-hujanan

Nah, bagi Anda yang sering merasa pusing setelah hujan-hujanan, tidak ada salahnya untuk keramas dengan air hangat. Bukan cuma membantu meredakan pusing, keramas dengan air hangat juga dapat mengendurkan otot-otot tubuh yang tegang. Dengan begitu, tubuh Anda jadi lebih rileks, nyaman, dan bisa tidur lebih nyenyak.

Baca Juga:  Polresta Deli Serdang Musnahkan 5 Kilogram Narkoba Hasil Tangkapan di Fly Over Tol Cemara

Setelah keramas atau mandi dengan air hangat, teman-teman juga bisa mengonsumsi minuman hangat seperti teh, cokelat, susu, atau minuman jahe. Dengan mengonsumsi minuman hangat, suhu tubuh teman-teman bisa kembali normal dan membantu meringankan sakit kepala.

Nah, setelah itu teman-teman bisa menghilangkan pusing dengan cara tidur nyenyak juga, agar sistem kekebalan tubuh tetap bagus dan tidak mudah terserang penyakit. Yang tak kalah penting lagi, pastikan Anda mendapatkan cukup istirahat setiap harinya. Ingat, daya tahan tubuh Anda sedang menurun sehingga rentan terkena penyakit di musim hujan.

Semakin Anda kurang tidur, ditambah lagi sehabis hujan-hujanan, sistem kekebalan tubuh Anda tentu akan semakin menurun dan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, segeralah istirahat dan hindari begadang supaya tubuh Anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit khas musim hujan. (Red)