Soal Tes Masif Hingga Usul Lockdown, Begini Persiapan Pemprov Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan kembali melakukan tas masif Covid-19 dibeberapa kabupaten/kota. Selain itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jabar mengusulkan Lockdown disejumlah daerah.

Terkait dengan tes masif, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan tes yang lebih luas dalam peta sebaran, seperti Karawang, Lembang dan Bogor.

“Kalau sudah tes masif ini, insya Allah hari Sabtu kita bisa punya peta lebih luas,” kata Emil sapaan akrabnya di Bandung, Kamis (26/3/2020).

“Peta hari ini sudah di dapat dengan tes mandiri yang 500 tes itu, yaitu peta sebaran Karawang satu, Lembang satu, dua di Bogor,” tambahnya.

Menurutnya, dengan melakukan tes masif sesuai dengan peta sebaran diharapkan bihaknya dapat memblokade penyebaran Covid-19.

“Nah dengan rapid tes masif akan ditentukan peta berikutnya sehingga kita bisa melakukan blokade,” ungkapnya.

Soal usul dari DPRD Jabar untuk lockdown, Emil menerangkan, saat ini pihaknya akan mendiskusikan usul tersebut dengan dengan pemerintah pusat.

“Kita diskusikan dengan pemerintah pusat apakah masukan-masukan dari Pemprov Jabar bisa dipertimbangkan terkait beberapa masukan dari dewan karena situasi di daerah banyak orang mudik,” ungkapnya.

Terkait dengan melonjaknya jumlah orang dalam pemantauan (OPD), Emil menjelaskan bahwa problem tersebut terjadi karena banyaknya orang yang memaksakan mudik atau pulang ke kampung halamannya.

“Jadi problem hari ini ODP melonjak karna orang orang yang harusnya tinggal di Jakarta mempergunakan tidak kerja ini malah pulang ke daerahnya, dan ini yang menjadi kendala besar sehingga kita akan melakukan sebuah tindakan yang lebih berefektif,” pungkasnya. (Rnu)