Lantaran Covid-19, Jendela Transfer Sepakbola Diperpanjang

JABARNEWS | Bandung – Kompetisi sepakbola elit di Eropa musim 2019 – 2020, masih belum diketahui kapan akan berakhir, imbas dari pandemi Covid-19. Saat ini semuanya mengalami penundaan, yang otomatis membuat jadwal pertandingan pun molor.

Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) memang sudah mendorong agar kompetisi elit Eropa merampungkan pertandingan sebelum 30 Juni 2020. Namun tampaknya hal itu akan sulit dilakukan, mengingat sebaran Covid-19 belum ada tanda-tanda bakal surut dalam waktu dekat di sebagian negara Eropa.

Jika terjadi demikian, besar kemungkinan jendela transfer pemain pun terkena imbasnya. Molor dari jadwal yang telah ditetapkan.

Bursa transfer musim panas sedianya dibuka 1 Juli dan ditutup 31 Agustus 2020. Sementara kompetisi-kompetisi elit Eropa masih berlangsung.

Menurut laporan The Telegraph, Kamis (26/3/2020), menghadapi situasi tersebut, Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) siap membuat terobosan. Rencananya, FIFA akan memperpanjang bursa transfer musim panas 2020 hingga Januari 2021.

Pasalnya jika dipaksakan sesuai dengan jadwal semula, akan merepotkan banyak pihak. Di samping pertimbangan karena perekonomian dunia sedang tidak kondusif akibat pandemi Covid-19.

FIFA akan memberi keleluasaan ihwal bursa transfer ini. Apalagi mengingat beberapa klub di negara elit sepakbola Eropa, dikabarkan mengalami kesulitan finansial. (Red/Oke)