Cegah COVID-19, Polda Jabar Pasang Lorong Dekontaminasi

JABARNEWS | BANDUNG – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat memasang lorong dekontaminasi yang terletak di gerbang masuk markas Polda di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, dalam rangka antisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19.

Lorong tersebut terletak persis di depan pos penjagaan gerbang Polda Jawa Barat. Sisi depan dan sisi belakang lorong tersebut ditutup oleh tirai plasik untuk akses keluar masuknya kendaraan dan orang.

“Seluruh kendaraan dan orang yang masuk ke Mapolda Jabar, wajib melewati Lorong Dekontaminasi. Kendaraan roda 4 harus dibuka seluruh kaca jendelanya. Maksudnya adalah untuk mencegah menyebarnya meluasnya wabah COVID-19,” kata Kabidhumas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Saptono Erlangga di Bandung, Kamis (26/03/2020).

Kemudian di dalam lorong tersebut terdapat sejumlah kipas angin semprot yang menyemprotkan cairan disinfektan kepada setiap kendaraan. Kipas tersebut berada di sudut-sudut lorong dekontaminasi.

Dengan ditempatkannya lorong dekontaminasi itu, Erlangga berharap setiap kendaraan dan orang yang masuk ke lingkungan Polda sudah disterilisasi. Sehingga tidak ada virus apapun yang dapat masuk.

Selain itu, kata Erlangga, seluruh satuan kepolisian di tingkat wilayah juga terus melakukan penyemprotan disinfektan.

Lalu, menurutnya setiap kepolisian di tingkat wilayah dapat terus melakukan patroli untuk memberikan imbauan kepada masyarakat untuk menghindari keramaian.

“Dalam rangka memberikan imbauan pencegahan penyebaran COVID-19, dengan pengeras suara kepada masyarakat agar segera kembali ke rumah masing masing dan membubarkan kerumunan masyarakat,” katanya. (Ara)