bjb

Diklaim Bisa Sembuhkan Corona, Kenali Efek Samping Obat Klorokuin

Ilustrasi. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah sedang menyiapkan klorokuin fosfat dan avigan untuk menyembuhkan penderita COVID-19, dua jenis obat ini kini diburu oleh penduduk di tengah makin tingginya kecemasan masyarakat akibat melonjaknya kasus baru infeksi coronavirus di Indonesia.

Karena sampai kini belum ditemukan obat COVID-19 dan vaksinnya, Jokowi terpaksa “menggunakan” klorokuin setelah pil ini disebut-sebut mampu menyembuhkan penderita COVID-19 di beberapa negara. Tak tanggung-tanggung, pemerintah telah memesan 3 juta pil klorokuin.

Baca Juga:

Innalillahi.. Guru Besar UGM Meninggal Dunia Akibat Corona

Ahli Kesehatan China: Obat Anti-Malaria Efektif Mengobati Virus Corona



Namun penggunaan klorokuin alias Chloroquine Phosphate untuk menyembuhkan virus Corona Covid-19 wajib dilakukan dengan hati-hati. Pakar mengimbau, masyarakat awam tidak membeli dan mengonsumsi obat ini sembarangan.

Guru Besar Farmasi Universitas Gadjah Mada, Prof Dr Zullies Ikawati, Apt., mengatakan klorokuin tergolong sebagai obat keras dengan efek samping.
Halaman selanjutnya
Tags : Bahaya Klorokuin Obat Covid-19 Universitas Gadjah Mada Presiden Jokowi Obat Avigan Virus Corona Pandemi Corona Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi