Soal Isu Pemindahan Ibu Kota, Begini Penjelasan GIE

Dalam pemilihan calon lokasi ibu kota baru ini Kalimantan dipandang cocok dan strategis

CEO Gerakan Indonesia Emas (GIE), Irwan Hendrawan. (Foto: Dok Gerakan Indonesia emas)

"Selain itu, terganganggunya kinerja pemerintah karena masalah banjir seperti yang terjadi di Jakarta bisa dihindari," ucapnya.

"Pulau Kalimantan berada di tengah jajaran pulau di Indonesia. Ini artinya, koordinasi untuk pembangunan ke wilayah barat atau timur Indonesia bisa berjalan lebih efektif. Pengiriman delegasi ke berbagai daerah juga bisa lebih mudah dan cepat jika lokasi pusat pemerintahan lebih strategis. Artinya, biaya perjalanan dinas ke daerah-daerah bisa jadi lebih murah," tambahnya.

Baca Juga:

Mengenaskan! Seorang Pria Ditemukan Tewas Terlentang di Atas Batu Sungai Cikundul

Angka Reproduksi Virus Turun, Pemkot Bandung Pastikan Tetap Fokus Tangani Covid-19



Selama ini, lanjut dia, pembangunan terkesan hanya berpusat di Pulau Jawa saja. Dengan adanya pemindahan pusat pemerintahan, diharapkan pembangunan akan jadi lebih merata. Nantinya juga akan berakibat pada pemerataan penduduk serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Terkait biaya proses pemidahan ibu kota, Irwan menjelaskan bahwa ada Rp.466 triliun untuk membangun lahan 40.000 hektare. Hal ini sempat dijabarkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Dari angka ini, hanya sekitar 19% yang diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sisanya merupakan investasi swasta serta Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Adapun biaya ini nantinya akan digunakan untuk pembangunan fasilitas seperti gedung leglislatif, yudikatif, dan eksekutif. Selain itu, akan dibangun juga fasilitas tempat tinggal untuk pegawai negeri dan militer, fasilitas pendidikan, kesehatan, serta keamanan," tutupnya. (RNU)
Halaman sebelumnya  1 2
Tags : Ibu Kota Baru Teknologi Canggih Indonesia Presiden Jokowi Gerakan Indonesia Emas Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Manfaat Cuka Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Keren! Para Istri ASN di Jabar Dilatih Budidaya Tanaman Hias

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi