bjb

Dinas SDA Jabar Sebut Sumber Daya Air Belum Bisa Dioptimalkan

Situ Gede di Desa Situ Gede Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. (Foto: Dinas SDA Jabar)

JABARNEWS | BANDUNG - Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Jawa Barat, Linda Al Amin menyebut sumber daya air di Jabar belum dapat dimanfaatkan secara optimal akibat masih terdapat berbagai permasalahan. Meskipun, seperti diketahui potensi sumber daya air sendiri yang sangat melimpah.

"Adanya degradasi sumber daya air, perubahan alih fungsi lahan yang tidak sesuai, penyempitan badan air akibat bangunan liar yang dibangun pada sempadan sumber air, belum optimalnya pengelolaan jaringan irigasi dan infrastruktur sumber daya air sehingga belum optimal dimanfaatkannya," kata Linda saat dihubungi di Bandung, Jum'at (27/3/2020).

Baca Juga:

Polder Pengasinan Disiapkan Antisipasi Banjir di Bekasi

Lima Sungai Besar Ancam Abrasi Di Majalengka



Menurutnya, perubahan iklim mengakibatkan perubahan pola tanam dan peningkatan suhu yang sangat berdampak pada pengelolaan sumber daya air sehingga menjadi masalah sekarang ini.

"Perubahan iklim saat ini tidak dapat kita hindari. Terlihat di berbagai pelosok dunia gambaran dari dampak perubahan iklim, di mana musim kemarau akan berlangsung lebih lama yang dapat mengakibatkan kekeringan dan musim hujan akan berlangsung lebih singkat namun dengan curah hujan lebih tinggi dari curah hujan normal sehingga dapat mengakibatkan banjir dan longsor," ucapnya.
Halaman selanjutnya
Tags : Sumber Daya Air SDA Jabar Perubahan Iklim Revitalisasi Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi