Dewan Pers Minta Media Massa Ajak Semua Pihak Tanggulangi Corona

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh meminta media massa terus mengajak masyarakat dan pemangku kepentingan untuk ikut menanggulangi pandemi Corona (Covid-19) bersama pemerintah.

“Penanggulangan pandemi ini menjadi upaya bersama yang melibatkan seluruh kekuatan bangsa baik unsur pemerintah, dunia usaha, kelompok masyarakat dan pers,” kata Nuh dalam siaran tertulisnya, Kamis, (26/3/2020).

Nuh mengatakan, dibutuhkan kesungguhan, sumbangsih, dan kerja sama semua pihak untuk mengatasi bencana ini. Untuk insan pers, Nuh mengingatkan agar tetap berpegang teguh pada protokol dan SOP Covid-19, demi menjaga kesehatan dan keselamatan.

Nuh juga berterima kasih kepada segenap unsur pers nasional yang tanpa kenal lelah terus meliput dan memberitakan perkembangan pandemi Covid-19.

“Sehingga masyarakat Indonesia pada umumnya mendapatkan informasi yang dibutuhkan, khususnya dalam membangun kesadaran kolektif untuk mencegah semakin meluasnya pandemi Covid 19,” ujarnya.

Dewan Pers, kata Nuh, mengapresiasi para dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya sebagai garda terdepan, pejuang kemanusiaan dalam memberikan layanan medis bagi korban Corona secara langsung.

Dewan Pers juga menyampaikan duka cita bagi para dokter, tenaga medis, dan pahlawan kemanusiaan yang meninggal akibat terpapar virus Corona ketika sedang menjalankan tugasnya.

“Semoga amal ibadah dan kemuliaan budi mereka diterima Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Demikian juga, bagi para pasien yang meninggal akibat Covid-19,” kata dia.

Apresiasi juga diberikan kepada pemerintah pusat dan daerah yang telah bekerja keras menangani pandemi di daerahnya masing-masing. Nuh yakin pemerintah terus berupaya sekuat tenaga untuk menangani Covid-19 dan dampak turunannya, seperti ekonomi dan sosial, dengan baik.

Dewan Pers juga memberikan apresiasi kepada TNI, Polri, rumah sakit, perguruan tinggi, kalangan pengusaha, dan unsur-unsur masyarakat yang telah berkontribusi positif dan nyata terhadap upaya penanggulangan musibah nasional covid 19.

“Semangat kesukarelawanan dan gotong royong semua pihak merupakan modal utama bangsa Indonesia untuk dapat segera mengatasi bencana nasional ini,” katanya. (Red)