Cegah Covid-19, Polres Sergai Perketat Pengamanan Jalur Laut

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19), Polres Serdang Bedagai (Sergai) akan melakukan patroli dengan memantau kepulangan TKI ilegal dari Malaysia melalui jalur laut ke wilayah hukum Polres Serdang Bedagai.

Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang mengatakan, patroli laut akan dilakukan Satpol Air dan melalui jalur darat di sekitar desa berbatasan dengan laut yang akan dilakukan personel Bhabinkamtibmas.

“Dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui jalur laut akan diperkuat melalui patroli laut dan pemantauan ke desa berbatasan langsung dengan laut,” kata Robin, Jum’at (27/3/2020).

Menurutnya, TKI legal sangat muda terdeteksi kepulangannya melalui bandara, namun TKI ilegal sulit terdetekai karena mereka pulang banyak menggunakan jalur laut. Ini harus diantisipasi dengan melakukan patroli laut secara rutin.

Para Kepala Dusun (Kadus), Kepala Desa (Kades) juga diminta untuk memantau warganya yang baru pulang dari luar negeri.

“Melalui darat kita imbau agar hindari tempat keramaian sedangkan melalui jalur laut patroli ditingkatkan terutama memantau TKI ilegal kembali menggunakan jalur laut,” katanya.

Sebagai penutup, Kapolres menambahkan, Covid-19 bisa terjangkit kepada siapa saja dan sulit dibedakan, namun upaya mencegahan harus dilakukan dengan seksama melalui imbauan dan pemantauan. (Ptr)