aqua

Nama Wanita Ini Disematkan pada RSPI

Kepakarannya diakui WHO.

Nama Sulianti Saroso yang diabadikan menjadi nama Rumah Sakit. (Foto: Dokumen Keluarga)

JABARNEWS | BANDUNG - Namanya disematkan pada Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI), yang dibangun secara representatif di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Tidak terhitung lagi, berapa kali orang menyebutnya, menuliskannya dan membincangkannya, baik di media penyiaran dan media sosial, dalam pekan-pekan terakhir ini. Kaitannya apalagi kalau bukan wabah Covid-19 yang kini sedang meneror masyarakat dunia. Lantas, siapakah Sulianti Saroso?

Dalam catatan sejarah kebijakan bidang kesehatan di Indonesia, Profesor Dokter Sulianti Saroso, MPH, PhD, adalah nama penting untuk setidaknya dua urusan, pencegahan dan pengendalian penyakit menular, serta keluarga berencana (KB). Ia peneliti dan perancang kebijakan kesehatan, dan tidak tertarik menjadi dokter praktek.



"Ibu itu hampir-hampir tak pernah menyuntik orang atau menulis resep," kenang sang putri, Dita Saroso, mantan profesional perbankan yang kini menikmati masa pensiunnya di Bali, dilansir dari laman Indonesia.go.id.

Dokter Sulianti Santoso pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Pencegahan, Pemberantasan, dan Pembasmian Penyakit Menular (P4M) pada 1967. Ia juga merangkap sebagai Direktur Lembaga Riset Kesehatan Nasional (LRKN).

Dalam posisi itu, Profesor Sulianti memberikan perhatian besar pada Klinik Karantina di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Klinik itu telah dikembangkannya menjadi RS penyakit menular sekaligus untuk keperluan riset penyakit menular.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4 5 6
Tags : Dokter Wanita Menyuntik Orang Rumah Sakit Pusat Infeksi RSPI Sulianti Saroso Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi