SMK Muhammadiyah Campaka Purwakarta Produksi Hand Sanitizer

JABARNEWS | PURWAKARTA – Gerakan bersama terus diinisiasi oleh sejumlah elemen masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia termasuk di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Penyebaran Covid-19 membuat warga berburu hand sanitizer (pembersih tangan). Akibatnya, sejumlah apotek dan toko diserbu hingga berdampak harga naik dan stok kosong.

Berangkat dari hal tersebutlah, SMK Muhammadiyah Campaka, Kabupaten Purwakarta memproduksi hand sanitizer. Produk yang diberi nama Muhika hand sanitizer.

Kepala SMK Muhammadiyah Campaka, Darta mengatakan, pembuatan Hand Sanitazer ini cara pembuatannya cukup mudah. Bahan-bahan terdiri dari air penyulingan dengan pH 2,5, Alkohol 70% dan aloevera.

Hand Sanitizer, menurutnya, sangat penting untuk kehidupan sehari-hari, apalagi sekarang merebaknya wabah virus corona yang sangat luar biasa.

“Kami berupaya semaksimal mungkin membantu warga kabupaten Purwakarta untuk mendapatkan barang yang cukup sulit didapat saat ini seperti hand sanitizer dan ini bentuk SMK bergerak basmi virus corona,” kata Darta.

Harga hand sanitizer hasil produksi SMK Muhammadiyah Campaka tersebut hanya dibanderol Rp20.000 per 60 ml dan Rp100.000 untuk satu liter.

“Selain menjual, kami juga mendonasikan Hand Sanitizer ke beberapa mesjid dan tempat pelayanan publik,” imbuhnya.

Selain memproduksi hand sanitizer, lanjut Darta, pihaknya juga menggelar aksi sosial penyemprotan desinfektan di beberapa mesjid, kantor-kantor pelayanan publik, dan sekolah yang saat ini baru TK.

“Ke depan kami akan melakukan penyemprotan desinfektan di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Bagi masyarakat yang susah mencari hand sanitizer silahkan datang langsung ke SMK Muhammadiyah Campaka,” ujarnya. (Gin)