Cegah Covid-19, Begini Cara Bersihkan Laptop Yang Benar

JABARNEWS | PURWAKARTA – Di tengah pandemi virus corona COVID-19, pemerintah memberlakukan imbauan untuk menjaga jarak fisik guna mencegah merebaknya wabah corona, salah satunya dilakukan lewat work from home atau bekerja dari rumah.

Agar aman dari virus corona saat bekerja atau belajar dari rumah, kebersihan perangkat juga harus diperhatikan. HP Indonesia membagikan sejumlah tips cara membersihkan laptop yang benar sebagai berikut:

Baca Juga:  Ridwan Kamil Ngaku Gelontorkan Satu Triliun Lebih untuk NU Jawa Barat, PWNU: Itu Pernyataan Memecah Belah

Disinfektan

Bersihkan laptop menggunakan disinfektan yang disarankan CDC (Centers for Disease Control and Prevention), yakni larutan alkohol yang mengandung 70 persen isopropil alkohol dan 30 persen air.

Matikan listrik

Matikan perangkat dan daya listrik, jangan lupa lepas dari stopkontak dan perlengkapan eksternal lainnya. Jangan bersihkan perangkat dalam keadaan menyala atau terhubung ke stopkontak.

Kain microfiber

Kenakan sarung tangan dan basahi kain microfiber dengan disinfektan. Lap dan sterilkan permukaan perangkat Anda.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Selasa 8 November 2022

Usapkan perlahan kain lembap tersebut di permukaan yang hendak dibersihkan. Jangan biarkan cairan apa pun menetes ke bagian-bagian perangkat seperti keyboard, panel display atau port USB di panel kontrol printer, karena dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.

Satu arah

Ketika membersihkan sebuah layar atau panel kontrol printer, usapkan kain pembersih dengan satu arah, dari bagian atas permukaan ke bawah.

Baca Juga:  Berikut Ramalan Zodiak untuk Libra Hari Ini

Pastikan permukaan yang dibersihkan sudah kering sebelum menyalakan perangkat kembali. Jangan nyalakan perangkat bila masih ada cairan atau kelembapan yang tersisa di permukaan.

Buang sarung tangan setiap selesai membersihkan perangkat dan segera cuci tangan Anda setelah melepas sarung tangan. (Ara)