Pasien Positif Corona Di Tasikmalaya Bertambah Jadi 5 Orang

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Kepala Dinas Kesehatan, Kota Tasikmalaya, Uus Supangat menyebut bahwa hingga hari ini per 28 Maret 2020 dari pukul 09.00 WIB sudah ada 5 pasien positif Covid-19.

“Empat pasien yang baru ini diketahui berdasarkaan hasil pengechekan dari rapid diagnostic test (RDT), bahwa 4 orang pasien itu positif corona,” katanya kepada awak media, Sabtu (28/3/2020).

Ia mengatakan bahwa 4 pasien positif corona itu merupakan bagian dari kluster Lembang, sedangkan 12 orang perwakilan HIPMI Kota Tasikmalaya sudah mengikuti RDT pada Hari Jumat 27 Maret 2020.

“12 orang perwakilan HIPMI itu dianjurkan untuk menjalani karantina secara mandiri di rumahnya selama 14 hari kedepan, ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa metode RDT bisa lebih cepat mendeteksi keberadaan virus corona di tubuh pasien dibanding metode test swab, oleh sebab itu jika menurut RDT positif corona, dipastikan pasien itu positif corona, namun jika RDT negatif perlu diulang 4 hari kedepan untuk memastikan.

Uus mengatakan bahwa hingga saat ini bahwa pasien dalam pengawasan (PDP) tercatat sudah 11 orang, sebelumnya tercatat ada 13 orang, jadi 2 orang PDP itu tingkatnya naik menjadi positif corona, dari 11 orang PDP, 6 orang masih dalam pengawasan, 4 orang selesai pengawasan dan 1 orang meninggal dunia

“Saat ini jumlah orang dalam oengawasan (ODP) bertambah menjadi 271 orang, 38 orang dinyatakan selesai pemantauan dan sisanya masih dalam pemantauan,” ucapnya.

Uus juga menegaskan bahwa saat ini sedang melakukan tracking terhadap orang yang bersentuhan langsung dengan pasien positif corona. (Tny)