Grup Facebook Input Galang Dana untuk APD Lawan Covid-19 di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Meskipun Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sudah menyediakan kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD), namun hal tersebut belum dirasa cukup karena masih harus didistribusikan ke berbagai daerah.

Pasalnya, APD menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi tenaga medis dan pasien positif Covid-19. Karena sifatnya sekali pakai, tenaga medis dan pasien membutuhkan APD dalam jumlah besar.

Untuk itu, Grup media sosial facebook Informasi Purwakarta Terkini (Input) membuka donasi untuk membantu tim medis di Kabupaten Purwakarta dalam melawan Coronavirus Disease 19 (Covid-19).

“Dengan kondisi wabah Covid-19 yang sudah semakin banyak korban yang positif, PDP dan ODP. Umumnya di Indonesia, dan khususnya di Purwakarta ada 164 ODP, PDP 6, 1 positif Covid-19 berdasarkan data dari Satgassus Covid-19 Kabupaten Purwakarta yang dirilis pada Minggu (29/3/2020). Pastinya ini ke depan harus ada kolaborasi dari berbagai pihak terutama bagi tenaga medis.” kata Humas INPUT, Sahril Sidik, pada Senin (30/3/2020).

Dijelaskannya, masyarakat Purwakarta dapat berdonasi sambil menjaga physical distancing yaitu dengan mengirim ke rekening BCA.2310108041 atas nama Sahril Sidik atau bisa menghubungi nomor telepon/WhatsApp 0896-2563-4666.

Sebagai salah satu ruang media sosial FB yang banyak diakses oleh masyarakat Purwakarta, lanjut dia, penggalangan dana dikumpulkan melalui Gerakan Input Galang Dana Donasi APD lawan Covid-19, berdonasi Rp 10.000 sanggup?.

“Saat ini petugas tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan berjuang di garda depan dalam menangani wabah Corona. Mereka melayani masyarakat tanpa kenal lelah sehingga sudah seyogyanya kita dengan uang 10 ribu saja turut bergerak membantu sehingga mereka bisa bertugas dengan dilengkapi alat pelindung diri yang memadai agar kesehatannya terjaga,” kata pria yang akrab disapa Boril.

Selain itu, tambah dia, pihaknya menerima bantuan tidak hanya dalam bentuk uang saja, bisa berupa barang yakni Masker N95, Masker bedah disposible, sarung tangan disposible dan steril, Googles/kacamata pelindung, sepatu boot, Face Shield/pelindung wajah, Shoes Cover, Coverall Jumpsuit/baju pelindung, Hand sanitizer, alkohol, multivitamin, dan bantuan dalam bentuk lainnya dalam penanganan Covid-19.

Donasi ini, lanjut dia, nantinya akan disalurkan untuk tenaga medis di fasilitas kesehatan yang menangani virus Corona di Purwakarta, khususnya fasilitas kesehatan yang menjadi prioritas dan rentan.

“Donasi ini bukan hanya sekedar materi, namun rasa peduli ini diharapkan dapat membantu dan mendukung tenaga medis untuk bekerja dengan semangat. Mari bergerak bersama, bergotong royong melewati pandemi Corona ini. Semoga ikhtiar kecil ini bisa menjadi sumbangan bagi Indonesia untuk lebih kuat mencegah penyebaran virus tersebut,” imbuhnya.

Diketahui, ada 6 rumah sakit di Purwakarta yang ditunjuk menangani Covid-19, yakni Rumah Sakit Bayu Asih, Rumah Sakit Umum Dr Abdul Radzak Purwakarta, Rumah Sakit Siloam Purwakarta, Rumah Sakit Amira, Rumah Sakit Bhakti Husada dan Rumah Sakit Rama Hadi. (Gin)