Kurangi Beban Trafik, WhatsApp Batasi Durasi Video Status

JABARNEWS | BANDUNG – Pembatasan durasi video fitur Status WhatsApp dikabarkan untuk mengurangi mengurangi beban trafik data internet yang melonjak ditngah pandemi Covid-19.

Pembatasan durasi video ini pertama kali dikabarkan oleh WaBetaInfo. Kejadian ini terjadi di India. Sebelumnya WhatsApp membolehkan video Status berdurasi 30 detik.

“Kamu tidak akan bisa lagi mengirimkan video ke WhatsApp Status jika durasinya lebih dari 16 detik: hanya video berdurasi 15 detik yang diizinkan,” tulisa WaBetaInfo, seperti dilansir Senin (30/3/2020).

Wabah virus corona atau covid-19 memaksa semua orang bekerja dari rumah (work from home). WhatsApp memiliki 2 miliar lebih pengguna aktif di dunia. Sebesar 400 juta merupakan pengguna di India. 
Selama wabah corona ini, WhatsApp dilaporkan mengalami lonjakan pengguna hingga 40%.

Tidak diketahui akankah kebijakan ini akan berlaku di negara-negara yang lain. Namun hingga kini video yang bisa di-upload ke WhatsApp Status maksimal masih 30 detik.

Menurut survei Techcrunch kepada lebih dari 25.000 konsumen di 30 negara yang dilakukan 14-24 maret, terjadi kenaikan hingga 51% ketika mamasuki masa pandemi.

Di tiap-tiap negara, penggunaan WhatsApp pun melesat ketimbang biasanya. Misalnya di Spanyol, penggunaan WhatsApp di Spanyol meningkat hingga 76 persen (Red)