Izinkan Karantina Wilayah Parsial di Jabar, Ini Penjelasan Emil

Jadi tidak ada istilah lockdown tapi gunakan kata karantina wilayah parsial

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Humas Jabar)

JABARNEWS | BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengizinkan kepala daerah 27 kabupaten/kota lakukan Karantina Wilayah Parsial (KWP) atau penutupan wilayah untuk tingkat RT, RW, desa, kelurahan, hingga kecamatan, jika terdapat penyebaran COVID-19 yang cukup masif.

"Saya sudah memberikan izin kepada kota/kabupaten untuk melakukan karantina wilayah parsial bila situasinya memburuk, jadi tidak ada istilah lockdown tapi gunakan kata karantina wilayah parsial," kata Ridwan Kamil dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (30/3/20).

Baca Juga:

RSHS Bandung: Pasien Belum Positif Terinfeksi Virus Corona

RSHS Bandung Rawat Pasien Suspect Virus Corona



Sementara karantina parsial dalam skala kota, kabupaten, maupun provinsi harus dilakukan atas izin Presiden Republik Indonesia (RI) sesuai Undang-Undang (UU) No. 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

"Karantina parsial tidak boleh di level kota, kabupaten, atau provinsi tanpa seizin presiden. Yang dibolehkan adalah karantina parsial jadi menutup sebuah RT, RW, desa, atau kelurahan hingga maksimal kecamatan, diperbolehkan jika daerah itu memberikan situasi ada penyebaran yang cukup masif," tutur Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil.

Kang Emil pun menegaskan, apabila KWP di tingkat RT, RW, desa, atau kelurahan hingga maksimal kecamatan dilakukan, maka tidak boleh ada pergerakan massa kecuali untuk dua hal yaitu pergerakan logistik dan kesehatan.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Covid-19 Virus Corona Wabah Corona Dampak Corona Lockdown Gubernur Jawa Barat Berita Terkini Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Korban Tewas Akibat Virus Corona Bertambah Jadi 52 Orang

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi