Hujan Mengguyur Purwakarta, Puluhan Rumah Warga Nagri Tengah Kebanjiran

JABARNEWS | PURWAKARTA – Hujan deras terus menerus mengguyur kawasan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Akibat meluapnya sungai Cigalugur, membuat puluhan rumah di Kampung Malangnengah Wetan, Kelurahan Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta terendam banjir.

Eni Lestiorini, warga sekitar, mengatakan sejak pukul 15.30 WIB, hujan mengguyur wilayah tersebut dan air di aliran Sungai Cigalugur meluap sekitar pukul 17.00 WIB.

“Ada kurang lebih sekitar 70 rumah yang ada di sepanjang Sungai Cigalugur terendam banjir, tadi sore tinggi air kurang lebih satu meter atau setinggi pinggang orang dewasa,” kata Eni, pada Selasa (31/3/2020) petang.

Ditambahkannya, puluhan rumah di kampung mengah wetan RW 10 yang mencakup RT 09, RT 12, RT 13 dan RT 14, kelurahan Nagri Tengah. Kawasan tersebut memang menjadi salah satu kawasan yang rentan banjir. Banjir ini disebut terparah yang pernah terjadi di kawasan tersebut.

“Sebagian warga yang rumahnya terkena banjir masih bertahan di rumah masing-masing, dan sebagian lagi ada yang mengungsi ke Sodara ataupun tetangga yang rumahnya tidak terkena banjir. Saat ini warga berharap ada bantuan untuk makan malam ini, mudah-mudahan ada dermawan yang mau membantu,” ungkap Eni.

Dihubungi terpisah, Lurah Nagri Tengah, Lurah Nagri Kidul, Engkun Kuntadi, membenarkan peristiwa tersebut.

“Iya betul ada beberapa rumah yang terdampak banjir akibat luapan sungai Cigalugur,” kata Engkun, saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Ia menambahkan, pihaknya saat ini sedang melakukan pendataan rumah yang terdampak banjir tersebut.

“Wilayah itu emang sering banjir, dan saat ini kami sedang mendata berapa rumah yang terkena. Kami juga udah melaporkan peristiwa itu ke Pemerintah Kabupaten Purwakarta,” singkatnya. (Gin)