Pengamat Sebut Pemerintah Bertanggung Jawab Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Pemerintah bertanggung jawab penuh atas pemenuhan rasa aman bagi warga negara di tengah pandemi corona

Kepala Pusat Studi Keamanan Nasional dan Global Universitas Padjadjaran (Unpad), Yusa Djuyandi. (Foto: Yusa/Unpad)

JABARNEWS | BANDUNG - Pengamat Keamanan Nasional menyebut, dengan semakin meluasnya penyebaran wabah Virus Corona atau Covid-19 di Indonesia sangat berdampak pada kondisi kehidupan sosial dan ekonomi serta menjadi ancaman bagi keamanan nasional khususnya human security.

Menurutnya, pemerintah bertanggung jawab penuh atas pemenuhan rasa aman bagi warga negara. Pasalnya, masalah keamanan nasional tidak hanya dapat dipersepsikan sebagai adanya ancaman militer, tetapi didalamnya juga ada ancaman nir-militer.

Baca Juga:

RSUP Hasan Sadikin Bandung Siap Tangani Pasien Terinveksi Coronavirus

Dinkes Jabar Pastikan Tidak Ada Warga Terinveksi Virus Corona



"Pemerintah selaku penyelenggara kekuasaan negara saat ini memang telah melakukan berbagai upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19, mulai dari ditetapkannya wabah ini sebagai bagian dari bencana nasional, diterapkannya kebijakan work from home untuk beberapa sektor pekerjaan, social distancing, hingga menambah jumlah tempat isolasi pasien positif Covid-19, dan lain sebagainya," kata Kepala Pusat Studi Keamanan Nasional dan Global Universitas Padjadjaran (Unpad), Yusa Djuyandi dalam keterangannya, Rabu (1/4/2020).

"Akan tetapi kondisi itu ternyata belum mampu menekan secara signifikan angka penularan, sehingga banyak pihak mendorong adanya kebijakan lockdown," tambahnya.

Berkenaan dengan lockdown, Yusa menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan pilihan yang sulit di tengah adanya kemungkinan keterbatasan anggaran negara untuk memberikan dana jaminan sosial bagi masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan tetap, atau mungkin juga menjadi pilihan sulit bagi perusahaan atau industri skala kecil. Tetapi, lanjut dia, lockdown juga menjadi salah satu opsi yang rasional yang dapat dipertimbangkan oleh pemerintah.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Pengamat Kemanan Nasional Virus Corona Covid-19 Human Security Universitas Padjadjaran Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Korban Meninggal Akibat Virus Corona Bertambah Jadi 41

Viral Video Warga Berjatuhan Diduga Kena Virus Corona

Berada di Garis Depan Wabah Virus Corona, Dokter Ini Meninggal

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi