Antisipasi Covid-19, Dinkes Sergai Periksa Suhu Badan Turis Asal Jerman

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Petugas dari Puskesmas Sei Rampah melakukan pemeriksaan suhu badan terhadap Budiman Erwis (70) dan istrinya Karin (60) warga negara Jerman, Rabu (1/4/2020).

Keduanya dilakukan pemeriksaan terhadap keresahan warga sekitar melihat keduanya sering jalan-jalan di Dusun 3, Desa Cempedak Lobang, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Dr Taufik pada jabarnews.com mengatakan, dari pemeriksaan suhu badan keduanya normal dengan tekanan suhu 36,8. Namun keduanya tetap masuk dalam Orang Tanpa Gejala (OTG) dan akan mendapatkan pengawasan selama 14 hari.

“Dari pemeriksaan suhu badan normal 36,8, namun tetap masuk OTG,” bilangnya.

Baca Juga:  Inilah Cara Urus Perizinan Produk Industri Rumah Tangga

Ia menjelaskan, keduanya masuk ke Indonesia sebelum merebaknya Covid-19. Tapi Pemkab Serdang Bedagai tetap harus melakukan pemeriksaan terhadap orang yang datang dari luar negeri dan daerah.

“Sesuai prosedur harus dilakukan pemeriksaan untuk menentukan status pada orang tersebut,” ucap dr Taufik.

Ditempat terpisah Budiman pada jabarnews.com mengatakan, datang dari Jerman bersama istrinya Karin ke Indonesia tanggal 27 Februari kemudian selama 1 bulan tinggal di pulau Bali. Setelah itu tanggal 27 Maret ke Binjai kemudian menetap dirumah adiknya di Desa Cempedak Lobang, Serdang Bedagai.

“Datang ke Indonesia bersama Karin sebelum merebak virus Corona,” katanya.

Baca Juga:  Polisi Bongkar Penipuan Biro Perjalanan Haji dan Umroh di Depok

Ia menjelaskan, meninggalkan Indonesia sejak tahun 1973 bekerja ke luar negeri, dirinya sempat diberi kebebasan untuk masuk warga negara Jerman. Namun dirinya memilih tetap warga Negara Indonesia agar bisa bebas kembali ke Indonesia.

“Aku menikah dengan Karin di Jerman, kami memang tidak menginginkan punya keturunan,” bilangnya.

Menurut Budiman, pada tanggal 7 April dia bersama istrinya Karin akan kembali ke Jerman. Namun kondisi Covid-19 belum dipastikan apakah mendapat izin untuk kembali ke Jerman.

“Tanggal 7 April nanti kami kembali ke Jerman, menunggu apakah dapat izin,” terang Budiman.

Putri Rahayu pemilik pemandian kolam Tara Tari mengatakan, Budiman adalah Abang kandungnya sudah lama tinggal di Jerman bersama istrinya Karin merupakan warga Jerman. Bahkan sering datang ke Cempedak Lobang.

Baca Juga:  Puluhan Petugas Kepolisan Subang Gelar Patroli Antisipasi Balap Liar

“Walaupun sudah melalui proses pemeriksaan tapi kita dukung apa dilakukan Puskesmas Sei Rampah dalam pemeriksaan suhu badan dengan hasil normal,” imbuhnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai dr Helmi Nur Sinaga mengatakan, Dinas Kesehatan Serdang Bedagai langsung merintahkan Puskesmas Sei Rampah untuk turun kelokasi melakukan pemeriksan suhu badan warga negara Jerman.

“Sudah perintahkan Puskesmas Sei Rampah untuk melakukan cek warga Jerman tersebut,” tutupnya. (ptr)