Social Distancing Efektif Tekan Angka Kecelakaan di Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Anjuran social distancing atau yang kini disebut sebagai physical distancing untuk menekan penyebaran virus corona ternyata berdampak pada tingkat kecelakaan yang cenderung menurun.

Hal ini disampaikan Kabidhumas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Saptono Erlangga menyebut angka kecelakaan di wilayah Jawa Barat menurun akibat dari adanya pembatasan sosial untuk mencegah penularan virus corona atau COVID-19.

Baca Juga:  Biar Gak Bingung Soal Aturan PTM Terbatas di Satuan Pendidikan, Baca Disini

“Kecelakaan selama bulan Maret menurun bila dibandingkan dengan bulan Februari dan Januari,” kata Erlangga di Bandung, Rabu (1/4/2020).

Pada bulan Maret, dia menjelaskan, jumlah kecelakaan di daerah Jawa Barat tercatat 566 kejadian yang menelan korban tewas 175 orang. Sedangkan pada bulan Februari, kata dia, ada 676 kejadian dengan korban meninggal dunia 236 jiwa. Dan pada bulan Januari, ada 739 kejadian dengan korban meninggal berjumlah 290 orang.

Baca Juga:  6 Parpol Sepakat 1 Nama Cawapres, PKB Tetap Sorongkan Cak Imin

“Apabila dijadikan persentase, angka kecelakaan dari Februari hingga Maret menurun sekitar 16 persen. Kemudian pada Januari, angkanya lebih besar daripada Februari,” jelasnya.

Baca Juga:  Update Data Akibat Erupsi Gunung Semeru, 22 Warga Tewas dan 27 Warga Dilaporkan Hilang

Selain itu, pihak kepolisian di Kota Bandung juga menerapkan kebijakan penutupan jalan protokol untuk mencegah adanya keramaian yang dapat meningkatkan potensi penularan COVID-19.

“Social distancing bisa juga memberikan pengaruh penurunan laka lantas,” katanya.

Menurutnya penurunan angka kecelakaan tersebut disebabkan penurunan mobilitas masyarakat dengan adanya imbauan untuk melakukan social distancing. (Ara)