Cara PMI Cirebon Berjuang Penuhi Stok Darah Imbas Corona

JABARNEWS | CIREBON – Palang Merah Indonesia (PMI) menyatakan kekurangan pasokan stok darah dari para pendonor. Jumlah pendonor minim karena pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19).

PMI Kabupaten Cirebon, Hj Rd Sri Heviyana mengatakan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) menurun drastis imbas wabah Corona Virus Disaese 19 (Covid-19).

Baca Juga:  Asik, Mahasiswa Magang Terima Rp1,2 Juta Per Bulan

“Stok darah PMI merosot, Pendonor yang biasanya rutin mendonorkan darahnya, banyak yang tak lagi datang ke PMI karena khawatir dengan penyebaran virus corona. Salah satu daerah yang kekurangan stok darah adalah PMI Kabupaten Cirebon,” ujarnya. Kamis (2/4/2020)

PMI Kabupaten Cirebon kemudian mendatangi Polresta Cirebon untuk menggelar donor darah. Kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Aula Pesat Gatra Mapolresta Cirebon ini diikuti oleh 236 Personel Polresta Cirebon.

Baca Juga:  Peduli Sesama, Ini yang Dilakukan Lemdiklat Polri

Sementara itu, Kapolresta Cirebon Kombes Pol. M. Syahduddi, S.I.K., M.Si., menyampaikan, bahwa kegiatan donor darah ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi stok darah PMI Kabupaten Cirebon yang saat ini mengalami kekurangan stok darah akibat wabah Covid-19.

“Hati kami tergerak setelah mengetahui stok darah habis, sehingga kami (Polresta Cirebon) melakukan Donor darah secara sukarela untuk memenuhi stok darah PMI Kabupaten Cirebon yang habis” tutur Kapolresta.

Baca Juga:  Gus Menteri Akan Gerakan Pendamping Desa untuk Mendata Batik di Daerah

IPTU Soleh, Kassubag Humas menambahkan, setiap tetes darah yang disumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima, tetapi juga bermanfaat bagi pendonornya.

“Mari kita bantu masyarakat yang membutuhkan darah. Jangan takut datang ke PMI walaupun ditengah wabah Covid-19,” tandasnya. (Fii)