Warga Purwakarta Mau Ikut Rapid Test Covid-19? Begini Caranya

JABARNEWS | PURWAKARTA – Saat ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah menggelar rapid test guna cepat mendeteksi warga yang terinfeksi Covid-19.

Bagi masyarakat Purwakarta yang ingin mendaftarkan diri dalam tes ini dapat mengakses laman resmi Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar)

Perwakilan Tim Satgassus Covid-19 Kabupaten Purwakarta, dr Deni Darmawan mengatakan, secara teknis jika warga ingin melakukan rapid test agar mengisi data pada aplikasi Pikobar saja.

“Isi data dalam form aplikasi tersebut, identitas lengkap dan lain-lain, nanti akan terintegrasi. Jika sudah lengkap nanti ada pemberitahuan dan tinggal diperiksa di Posko Covid-19 di Dinas Kesehatan,” kata pria yang menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta itu.

Baca Juga:  Ujian! Sudah di Gugat Cerai Nathalie Holscher, Putri Delina Dihujat, Sule pun Dikabarkan Sakit

Sebagai catatan, Satgassus Covid-19 Purwakarta juga menyatakan, saat ini kondisi Purwakarta relatif aman, belum masuk zona merah maupun transmisi lokal penyebaran Covid-19.

Dijelaskannya, Sejumlah langkah-langkah preventif dilakukan otoritas untuk pencegahan penyebaran Covid-19 diantaranya, Dinas Kesehatan Purwakarta melakukan testing (pemeriksaan dan tracing (pelacakan) bagi kontak erat dengan PDP.

Selain itu, Satgassus Covid-19 Kabupaten Purwakarta juga melakukan pengetatan arus lalu lintas memasuki wilayah perkotaan Purwakarta, yaitu penutupan Jalan Veteran hingga Jalan RE Martadinata mulai pukul 19.00-24.00 WIB.

Baca Juga:  Kamu Lulusan Unisba? Baca Dulu Info Penting Ini

Kemudian, menertibkan pedagang disepanjang Jalan Veteran (Taman Pembaharuan) – Sudirman hingga ke Jalan RE Martadinata (Pertigaan Suryo).

“Kita juga tetap melakukan desinfeksi fasilitas umum dan pemukiman oleh DPKPB dan masyarakat. Dan masyarakat diminta tetap melakukan physical distancing (jaga jarak) agar tetap aman terhindar dari penularan Covid-19,” ucap Deni.

Selain kepada para tenaga medis, ia juga mengucapkan terimakasih kepada jajaran TNI dan Polri yang telah maksimal berandil dalam upaya penanggulangan dan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Enam Desa di Purwakarta Terima Mobil Maskara, Mana Saja?

“Kami ucapkan terimakasih kepada jajaran TNI dan Polri di Purwakarta telah maksimal berandil dalam upaya penanggulangan dan pencegahan Covid-19,” pungkasnya.

Perlu diketahui, rapid test adalah metode pemeriksaan untuk melacak infeksi virus SARS-CoV-2 atau virus corona dengan mengambil sampel darah yang akurasinya mencapai 95 persen.

Hasil dari rapid test ini dapat diketahui dalam waktu sampai 10 menit. (Gin)