Live Stream Bandung 132 TV


Menakjubkan! Fenomena Langka Halo Matahari Hebohkan Purwakarta

Halo matahari muncul disebabkan oleh kristal es pada awan cirrus yang dingin yang berada 5–10 km atau 3–6 mil di lapisan atas troposfer.

Fenomena alam matahari cincin di langit Kabupaten Purwakarta. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Di tengah ancaman wabah covid-19, warga disuguhkan fenomena alam yang langka di langit Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Matahari tampak perkasa nan anggun saat cahaya serupa cincin melingkarinya.

Sebuah foto dan video beredar di media sosial (Medsos) Facebook memperlihatkan fenomena alam yang begitu indah untuk dilihat. Warga Purwakarta disuguhi fenomena alam matahari cincin, pada Jumat (3/4/2020) siang. Fenomena ini memperlihatkan matahari yang dikelilingi dengan cincin berwarna pelangi.

Baca Juga:

Rumah Warga Di Curugluhur Sukabumi Hangus Terbakar, Diduga Ini Penyebabnya

Pemkab Kuningan Izinkan Warganya Mudik, Asal Penuhi Syarat Ini



Para netizen di Purwakarta beramai-ramai mengabadikan dan mengunggah fenomena alam yang begitu indah di langit Kabupaten Purwakarta di Medsos Facebook masing-masing.

Diketahui, Matahari cincin atau halo matahari merupakan salah satu dari fenomena optik atmosfer. Termasuk fenomena yang jarang terjadi di negara tropis.

Dikutip dari laman Wikipedia, fenomena matahari bercincin pelangi ini biasa disebut 'halo'. Yakni fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari dan bulan, dan kadang-kadang pada sumber cahaya lain seperti lampu penerangan jalan.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Fenomena Alam Halo Matahari Matahari Cincin Purwakarta Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi