Sejumlah Orang Diketahui Pernah Kontak dengan Pasien Covid-19 Di Ciamis

JABARNEWS | CIAMIS – Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Ciamis telah melakukan penelusuran terhadap sejumlah orang yang pernah melakukan kontak langsung dengan seorang pasien positif Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

“Sebanyak 20 orang yang pernah kontak langsung dengan pasien positif corona itu akan segera dilakukan rapid test,” kata Ketua PIK Covid-19 Kabupaten Ciamis, dr. Bayu Yudiawan, saat konferensi pers di Kantor PIK Covid-19, Kamis (2/4/2020).

Baca Juga:  Komisi II DPR RI Sepakat Tak Lanjut Bahas RUU Pemilu, Ini Alasannya

dr. Bayu menjelaskan bahwa saat ini 20 orang yang pernah kontak langsung dengan pasien positif Covid-19 itu tersebar di berbagai tempat di Ciamis. Kini mereka telah menjalani protap isolasi mandiri dengan koordinasi tokoh masyarakat maupun aparatur setempat.

Baca Juga:  FrieslandCampina Akan Survei Gizi 18.000 Anak Di Asia Tenggara

“Ia menuturkan bahwa sesuai kajian epidemiologi walaupun hasilnya belum kita dapatkan dengan pasti, karena berpacu dengan waktu, kalau benar adanya penyebaran harus dilakukan tindak lanjut pencegahan,” ujarnya.

Oleh sebab itu, kata dr. Bayu, ketika diberlakukan adanya isolasi mandiri di rumah dalam satu kawasan cukup besar misalnya satu dusun, diharapkan semua warga tidak panik, justru harusnya bahu-membahu untuk tetap menjaga situasi kondusif dan saling menjaga supaya penyebarannya dihentikan dengan baik.

Baca Juga:  Gomez: Kita Tidak Bodoh

“Terkait pasien positif Covid-19 di Ciamis, sekarang keadaannya lumayan cukup stabil, walaupun sempat kritis karena penyakit stroke dan lanjut usia, namun sekarang keadaannya cukup membaik dan sudah dapat melakukan komunikasi,” ucapnya. (Tny)