Begini Mekanisme Dapatkan Listrik Gratis Selama 3 Bulan

JABARNEWS | BANDUNG – Menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo terkait pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50% kepada konsumen bersubidi 900 VA, Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan mekanisme pelaksanan pemberian stimulus tarif listrik tersebut.

Pemerintah memberikan keringanan pembayaran listrik untuk mengurangi beban masyarakat di tengah wabah virus corona. Keringanan listrik diberikan pada konsumen 450 Volt Amper (VA) berupa pembebasan tarif listrik dan 900 VA bersubsidi berupa diskon 50 persen.

Keringanan pembayaran listrik itu diberikan selama 3 bulan. Untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni.

Baca Juga:  Ada Kabar Baik Bagi Pekerja Bergaji Di Bawah Rp5 Juta, Simak Ya

Sementara untuk pelanggan prabayar bisa memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID pelanggan melalui WhatsApp ke nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id. Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

“Proses pembagian token bebas tagihan dan diskon tarif listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 April, paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut,” ujar Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka dalam keterangan tertulis, Kamis lalu (02/4/2020).

Sedangkan diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50 persen. Sementara bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Baca Juga:  Peringatan Maulid Nabi, Ini Pesan Presiden Joko Widodo

Besaran angka tersebut diasumsikan dari volume rata-rata konsumsi untuk 450 VA yang berjumlah 24 juta adalah 85,25 KWh per bulan atau sekitar Rp40.000 tagihan listrik per bulan, sementara bagi 7 juta pelanggan 900 VA adalah 104,27 KWh atau sekitar Rp30.000 setelah diskon 50%.

Untuk mekanisme website, bisa dilakukan dengan cara berikut:

1. Buka website resmi PLN www.pln.co.id, kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke menu pilihan Stimulus Covid-19

2. Masukkan ID pelanggan/nomor meter, kemudian token gratis akan ditampilkan di layar.

3. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Baca Juga:  HUT Kota Bandung Ke-210, Oded Harapkan Jadi Momen Pemersatu Warga

Selain itu, pelanggan juga bisa mengakses token gratis melalui WhatsApp ke nomor 08122-123-123 dengan cara berikut ini:

1. Buka Aplikasi WhatsApp

2. Chat melalui WhatsApp ke nomor 08122-123-123, lalu ikuti petunjuk dan masukkan ID pelanggan

3. Token gratis akan muncul

4. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan. (Red)