Tetapkan Awal Ramadhan, Kemenag Akan Sidang Isbat Melalui Video Konferensi

JABARNEWS | JAKARTA – Kementerian Agama akan mengadakan sidang isbat pada hari Kamis (23/04/2020) untuk menetapkan awal Ramadhan 1441 H dengan menggunakan video konferensi atau sambungan komunikasi jarak jauh.

“Sidang isbat awal Ramadhan akan kita gelar dengan kehadiran peserta yang terbatas, selebihnya secara video konferensi,” kata Direktur Jenderal Pembinaan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (04/05/2020)

Baca Juga:  BUMN Gelar Berbagai Kegiatan di Objek Wisata Jatiluhur

Kaharuddin mengatakan sidang isbat dengan menggunakan video konferensi merupakan bagian dari upaya Kementerian Agama untuk mencegah penyebaran virus corona penyebab COVID-19.

Menurut Kaharuddin, hanya sebagian peserta yang dihadirkan, yaitu perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI), perwakilan DPR, dan perwakilan Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama Cecep Nurwendaya.

Baca Juga:  Kemungkinan Tarif Angkot di Kota Cimahi Bakal Naik, Berapa Persen?

Pejabat eselon I dan II yang diundang juga hanya dari Direktorat Jenderal Pembinaan Masyarakat Islam saja, sementara undangan lainnya bisa mengikuti melalui saluran komunikasi daring yang akan disiapkan Kementerian Agama.

“Sidang akan dimulai sebelum magrib, diawali paparan posisi hilal awal Ramadhan 1441 H oleh Cecep Nurwendaya,” tuturnya.

Baca Juga:  Siap-siap, Korlantas Berlakukan One Way dan Ganjil Genap di Tol pada 28 April Hingga 1 Mei 2022

Setelah maghrib di Jakarta, sidang penetapan awal Ramadhan akan diadakan tertutup dan hasilnya akan diumumkan Menteri Agama Fachrul Razi melalui jumpa pers.

“Kamaruddin mengatakan pihaknya juga sedang mengkaji kemungkinan jumpa pers juga dilakukan melalui video konferensi sehingga media juga bisa mengikuti dari kantornya masing-masing. (Ara)