ODHA Rawan Terjangkit Covid-19, Ini Langkah KPA Kabupaten Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ditengah mewabahnya virus corona (Covid-19), Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Purwakarta menginisiasi tim kedaruratan HIV terbentuk. 

Menurut, Pengelola Program pada KPA Kabupaten Purwakarta Wahyu Yulhaidir, kelompok Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA) merupakan kelompok yang beresiko rentan terkena virus covid-19, dikarenakan imunitas tubuhnya terpapar oleh virus hiv.

Baca Juga:  Wow! Gubernur NTB Sebut Raffi Ahmad Cocok Jadi Kandidat Pilpres Dibanding Anies, Ganjar, Prabowo

“Di tahun 2019 ada sekitar 160 kasus baru ODHA. Ada penuruan temuan kasus ditahun 2018 yakni 194 kasus,” terang Wahyu, pada Selasa (7/4/2020).

Wahyu juga menyebut, pihaknya mensiagakan petugas on call untuk tanggap darurat. Petugas tersebut langsung terkordinasi dengan Tim HIV Puskesmas dan Pokja HIV di Rumah Sakit Bayu Asih di bantu Oleh Warga Peduli AIDS yang siap membantu dalam penanganan kedaruratan.

Baca Juga:  Menlu Retno Serukan Gencatan Senjata di Gaza, Indonesia Desak Israel Akhiri Pendudukan

“Ini adalah keterpanggilan kemanusian untuk membantu melindungi Odha dengan langkah antisipasi siap menghadapi hal terburuk pada Odha,” imbuhnya.

Pihaknya juga menambahkan, langkah tersebut diambil atas dasar sisi kemanusiaan untuk tetap menjaga kesehatannya. Walaupun dengan berbagai keterbatasan anggaran dan Alat Pelindung Diri di darurat wabah covid 19. 

Baca Juga:  Polres Cirebon Berikan Penghargaan kepada 32 Polisi Berprestasi

“Himbauannya sesuai protokol Covid 19 agar  ODHA tetap pada physical distancing dan social distancing tetap diam di rumah bekerja di rumah, belajar di rumah serta beribadah di rumah disiplin minum obat serta selalu menjaga kesehatan,” pungkasnya. (Gin)