Ratusan Kyai dan Ulama Di Ciamis Jalani Tes Massal Covid-19

JABARNEWS | CIAMIS – Cegah penyebaran Covid-19, ratusan Kyai, Ulama, Ustadz dan Ustadzah di Kabupaten Ciamis dilakukan rapid test Covid-19 oleh Pemprov Jawa Barat di lingkungan Pondok Pesantren Al Hasan Kabupaten Ciamis, Selasa (7/4/2020).

Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan rangkaian rapid test terhadap para Kyai, Ulama maupun Ustadz dan Ustadzah itu dilakukan setelah banyaknya kemunculan sejumlah klaster baru penyebaran virus corona di Jawa Barat.

Baca Juga:  Jabodetabek, Waspada Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang

“Trend penyebaran virus corona di Jawa Barat terus menunjukan kenaikan, apalagi sekarang ada klaster baru yang penyebarannya di tempat-tempat tertentu, komplek-komplek tertentu hingga tempat ibadah, termasuk Pondok Pesantren, hingga menyusul adanya 200 orang lebih yang positif virus corona,” kata Wagub Uu saat menghadiri rangkaian rapid test di Ponpes Al Hasan Kabupaten Ciamis, Selasa (7/4/2020).

Uu menjelaskan bahwa para Kyai termasuk kategori B, karena memang beliau banyak didatangi umat maupun jemaah dan banyak didatangi untuk salaman maupun cium tangan dengan harapan dapat berkah dan rasa taklim terhadap beliau.

Baca Juga:  Belajar Di Rumah, Anggota DPR: Nadiem Hanya Membuat Aturan Saja

Oleh sebab itu supaya pemerintah mampu memetakan dan gerakannya masif kata Uu, Pemprov Jabar akan terus melakukan rangkai pencegahan penyebaran virus corona dengan melakukan rapid test Covid-19 terhadap 5000 orang para Kyai, Ulama, Ustadz dan Ustadzah di Jawa Barat.

Baca Juga:  Hore! Mudik Lebaran Tahun Ini Diperbolehkan Tapi Wajib Sudah Vaksinasi

“Rapid test Covid-19 terhadap para Kyai juga bekerjasama dengan pihak MUI, Pemerintah Daerah, Ormas Islam, kelompok Himpunan para Kyai dan juga lainnya.

Uu menegaskan bahwa rapid test terhadap para ulama ini jangan disalahkan persepsi, justru kami sayang terhadap umat, sayang terhadap Ulama, Kyai, makanya harus di test penyebarannya supaya virus corona ini dapat kita cegah bersama-sama,” ucapnya. (Tny)