Cegah Covid-19, Pasar Di Purwakarta Dilengkapi Tempat Cuci Tangan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, terus melakukan langkah cepat dalam pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di wilayah.

Seperti saat ini, Pemkab Purwakarta melalui Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) sudah menyediakan tempat cuci tangan di sejumlah pasar dan pusat perbelanjaan.

“Sesuai instruksi dari Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, pemasangan area cuci tangan di pasar-pasar sudah kita laksanakan, sebagai salah satu upaya dalam mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di Purwakarta,” kata Kepala DKUPP Purwakarta Karliati Djuanda melalui Kabid Perdagangan Gusrianita, Rabu (8/4/2020).

Baca Juga:  Kabur dari RS, Warga Positif Covid-19 Ini Pilih Berobat ke Dukun

Gusrianita menuturkan, pihaknya juga telah menyampaikan imbauan kepada para pemilik toko, perusahaan dan kantor-kantor perbankan yang ada di Purwakarta untuk menyediakan tempat cuci tangan.

Selain itu, pihak perbankan juga diminta untuk menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer di fasilitas anjungan tunai mandiri (ATM).

Baca Juga:  Kabupaten Bogor Terus Kejar Target Vaksinasi Covid-19, Ini Kata Ade Yasin

“Alhamdulillah imbaun tersebut sudah dilaksanakan oleh sejumlah pihak guna ikut aktif memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Purwakarta,” kata wanita yang disapa Wita tersebut.

Terkait ketersediaan masker, Wita memastikan di Kabupaten Purwakarta masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan masker kain. Pasalnya pihak DKUPP Purwakarta sudah melaksanakan kerjasama dengan pelaku UMKM untuk memproduksi masker kain secara massal.

Hal itu dilakukan sebagai tindaklanjuti dari instruksi Bupati Purwakarta, dimana terhitung 5 Juni 2020 masyarakat diwajibkan menggunakan masker saat berada di luar rumah.

Baca Juga:  Jasa Raharja Biayai Perawatan Korban Lakalantas Tunggal Tol Cipali KM 177

“Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, karena di Purwakarta saat ini masker kain mudah didapatkan dengan harga yang relatif terjangkau,” jelas Wita.

Sebagai penutup Wita menambahkan, selama pandemi Covid-19, pengelolaan pasar yang ada di Purwakarta juga dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) guna mencegah penyebaran virus. (Zal)