Lawan Covid-19, Sejumlah Lapas dan Rutan Produksi APD

Jika mengandalkan pembelian dari luar saja tidak cukup dan barangnya langka.

Alat pelindung diri (APD) yang diproduksi oleh narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Tangerang. (Foto: Direktorat Jenderal Pemasyarakatan)

JABARNEWS | JAKARTA - Sejumlah lembaga pemasyarakatan (lapas) maupun rumah tahanan negara (rutan) mulai memproduksi alat pelindung diri (APD) secara mandiri guna memenuhi kebutuhan warga binaan dan petugas, sekaligus berpartisipasi melawan penyebaran COVID-19.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Nugroho dalam keterangan tertulis mengatakan hal tersebut dilakukan sesui arahan WHO yang menganjurkan semua orang, sehat atau sakit untuk memakai masker dan untuk meminimalisir biaua kebutuhan lapas da rutan.

Baca Juga:

Kemenkumham Dorong Revisi PP Nomor 99 Tahun 2012, Ada Apa?

Kalapas : Setnov Pindah ke Gunung Sindur, Napi Sukamiskin Jadi Tertib



"Kebutuhan di dalam lapas atau rutan saja sudah sangat tinggi. Jika mengandalkan pembelian dari luar saja tidak cukup dan barangnya langka," ujar Nugroho, Rabu (08/07/2020).

Nugroho mengatakan berbekal keterampilan dari program pembinaan kemandirian di lapas dan rutan, para narapidana mampu memproduksi berbagai APD seperti masker, pelindung wajah, penutup kepala, pakaian dekontaminasi, dan apron.

APD-APD itu diproduksi di sejumlah lapas dan rutan di Indonesia, di antaranya Lapas Lhoksukon, Lapas Tasikmalaya, Lapas Klas I Tangerang, Lapas Binjai, Lapas Perempuan Semarang, Lapas Bengkulu, Lapas Perempuan Pekanbaru, Rutan Salemba, Rutan Muntok.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Covid-19 Virus Corona Lapas Rutan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan APD Alat pelindung Diri Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Waduh! Beredar Luas Foto Setya Novanto Pelesiran

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi