Ini Cara Mudah Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Karantina di Rumah

JABARNEWS | BANDUNG – Anjuran pemerintah untuk tetap di rumah sebisa mungkin selalu dipatuhi agar penyebaran virus corona tidak makin meluas. Di sisi lain, tak sedikit orang yang merasa jenuh lantaran harus tetap berada di rumah. Terlebih lagi bagi mereka yang dalam sehari-hari kerap melakukan kegiatan di luar rumah untuk bertemu dengan banyak orang.

Kendati demikian, tetap berada di rumah sebagai cara melakukan physical distancing bisa bermanfaat dan menguntungkan. Bagi sebagian orang, beraktivitas dari rumah selama dua pekan ini tentu bukan hal yang mudah.

Beradaptasi secara fisik dengan keadaan yang benar-benar baru seperti sekarang menjadi tantangan yang cukup sulit, belum lagi mengimbangi kesehatan mental untuk tidak panik dan khawatir akan banyak ketidakpastian yang terjadi di saat-saat menghadapi pandemi coronavirus seperti sekarang.

Di tengah banyaknya ketidakpastian, satu yang benar-benar harus kamu pastikan adalah kesehatan tubuhmu sehingga bisa menjadi tameng untuk melawan virus ganas ini. Bagaimana cara agar tubuhmu tetap sehat di masa-masa swa-karantina ini? Ikuti 5 tips berikut ya.

Baca Juga:  Sudah 17.132 Pembatalan Tiket Kereta Lebaran di Cirebon

1. Kurangi makan makanan manis

Kurangi makan makanan manis saat harus di rumah. Meski terlihat menggoda, di masa-masa rentan terpapar virus seperti sekarang yang seharusnya lebih banyak kamu konsumsi adalah makanan bernutrisi dan kaya akan antioksidan. Untuk sementara, lupakan dulu cake, cookies, puding, minuman bersoda, jus kemasan, buah kalengan, dan lain-lain.

Menurut penelitian makanan manis adalah salah satu makanan yang dapat meningkatkan berat badan dalam waktu singkat. Agar berat badan tetap stabil, sebaiknya batasi konsumsi makanan dan minuman manis ini dalam sehari.

Misalnya, jika pagi hari kamu sudah menghabiskan sepotong cake dan minuman manis, usahakan kamu tidak mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi lagi saat makan malam.

2. Makanlah dalam porsi kecil

Salah satu cara paling efektif menjaga tubuh tetap sehat dan berat badan tetap ideal adalah dengan menjaga porsi makan. Selama swa-karantina, stok makanan di rumah jadi lebih banyak dan beragam.

Anda boleh mencicipi berbagai macam jenis makanan yang tersedia di rumah, hanya saja, pastikan agar porsinya jangan berlebihan dan makanan yang kamu makan mengandung gizi. Gunakan piring kecil untuk mengambil makanan yang Anda inginkan sehingga dapat menjaga asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga:  Penemuan Mayat Membusuk Gemparkan Warga Indihiang Kota Tasikmalaya

3. Makan sayur dan buah

Pastikan untuk selalu menyantap sayur dan buah dan menjadikan keduanya menu pasti dalam piringmu setiap hari. Sayur dan buah-buahan adalah makanan yang rendah kalori namun tinggi serat sehingga dapat membuatmu kenyang lebih lama, dan sehat pastinya.

Semakin beragam buah dan sayuran yang kamu konsumsi, berarti Anda juga meminimalisir risiko kegemukan dan penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung atau diabetes. Pentingnya lagi, ini akan membuat kekebalan tubuhmu jadi lebih baik sehingga bisa mencegah virus masuk ke dalam tubuh.

4. Tetap bergerak aktif

Di rumah aja bukan artinya bisa rebahan sepanjang hari dan bermalas-malasan kan? Toh, Anda tetap harus beraktivitas seperti biasa seperti belajar dan bekerja. Bedanya, sekarang semuanya harus dilakukan dari rumah.

Baca Juga:  Anggota Polsek Tirtajaya Karawang Sosialisasi 3M Dengan Cara Ini

Masalahnya, rutinitas yang biasanya bikin tubuh sering bergerak sekarang pasti jadi berkurang drastis dan bisa-bisa ini bikin tubuhmu jadi tidak sehat. Cobalah untuk tetap berolahraga ringan seperti jogging di komplek rumah atau workout di rumah ataupun yoga.

Tidak perlu olahraga berat, cukup bergerak ringan meski hanya dilakukan selama 15-30 menit akan membantumu menjaga kebugaran selama karantina di rumah aja.

5. Cukup minum air putih

Pastikan untuk lebih sering minum air putih selama di rumah aja. Tubuh membutuhkan cairan yang cukup agar sel dan jaringan tubuh tetap bekerja optimal. Minum air putih juga menghindarkan kamu dari dehidrasi dan membantu memulihkan tenaga dari kelelahan.

Selain beberapa tips di atas, jangan lupa juga untuk menjaga kualitas tidur. Tidur yang cukup akan membuatmu lebih segar, memiliki mood yang baik, dan meningkat kekebalan tubuh. Ini penting untuk membuatmu tetap rileks, sehat, dan semangat di masa-masa karantina. (Red)