Atasi Covid-19, Pemkot Depok Siapkan Rumah Sehat Dedikasi

JABARNEWS | DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sedang menyiapkan Rumah Sehat Dedikasi (RSD) yang berfungsi sebagai lokasi isolasi mandiri untuk percepatan penanganan pandemi virus Corona (Covid-19) di Kota Depok.

Menurut Wali Kota Depok, Mohammad Idris, RSD diperuntukan bagi Orang Dalam Pengawasan (ODP). Selain itu, tempat tersebut juga ditujukan bagi Pasien Dalam Pemantauan (PDP) yang membutuhkan penanganan ringan.

Baca Juga:  Fatwa MUI Tentang Pengawetan Daging Kurban

Ia menjelaskan, sebetulnya ODP bisa melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Hal ini sesuai dengan protokol yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Walaupun positif Covid-19, namun tidak ada gejala seperti demam dan sesak nafas, itu memang diwajibkan isolasi mandiri di dalam rumah selama 14 hari.

Baca Juga:  Dewan Pers, Komisi Informasi dan KPI Akan Dibubarkan, Benarkah?

“Bagi ODP dan PDP yang khawatir, serta tidak bisa mengisolasi mandiri di rumah, seperti hanya memiliki kamar satu atau ada lansia di rumahnya. RSD dapat dimanfaatkan,” ujar Idris di Balai Kota Depok, Jumat (10/4/2020).

Baca Juga:  Lakukan Sidak, Ini Temuan Tim Terpadu Pemkab Purwakarta Di Sejumlah Mini Market dan Swalayan

Menurut Idris, RSD dapat menampung 50 hingga 100 orang. Lokasinya berada disalah satu SMK di Kota Depok.

“Ini kami persiapkan guna memfasilitasi ODP dan PDP serta mempercepat penanganan pandemi Covid-19 di Kota Depok,” tandasnya. (Red)