Hari Pertama PSBB, Jumlah Kendaraan ke Jakarta Berkurang

JABARNEWS | BEKASI – Hari ini, DKI Jakarta telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 23 April 2020 mendatang. Mulai berlakunya PSBB di Jakarta ternyata sangat berpengaruh pada lalu lintas kendaraan dari arah Bekasi menuju Jakarta, karena warga Bekasi jadi enggan pergi ke Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Dadang Ginanjar, mencatat volume lalu lintas kendaraan dari Kota Bekasi mengarah DKI Jakarta mengalami penurunan pada hari pertama penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan pemerintah daerah ibu kota negara itu.

Baca Juga:  Penipu Bermodus Loloskan Ujian Masuk Akpol Ditangkap Polisi

“Penurunan volume kendaraan sangat signifikan. Kendaraan yang melintas berkurang dibanding hari-hari sebelumya. Kemungkinan besar ini pengaruh dari kebijakan PSBB di Jakarta,” katanya di Gerbang Tol Bekasi Barat, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jumat (10/4/2020)

Pihaknya mencatat berdasarkan hasil pantauan langsung pada Gerbang Tol Bekasi Barat menuju Jakarta tercatat setiap 15 menit hanya ada 20 kendaraan yang melintas. Hal itu jauh menurun dibandingkan hari sebelumnya yang mencapai 200 kendaraan pribadi setiap 15 menit.

Selain kebijakan PSBB di ibu kota itu, Dadang menilai turunnya volume kendaraan yang melintas ke arah Jakarta juga bisa diakibatkan hari libur atau tanggal merah.

Baca Juga:  Empat Fraksi DPRD DKI Jakarta Tolak LPJ APBD Tahun Anggaran 2019, Ini Alasannya

“Kami belum bisa pastikan volume menurun karena PSBB atau libur. Namun kami akan lakukan pengamatan setiap hari hingga pekan depan,” ucapnya.

Dadang menjelaskan penurunan volume kendaraan tidak hanya terjadi di akses Tol Jakarta-Cikampek, saja melainkan juga terjadi di jalur arteri serta jalur-jalur alternatif menuju ibu kota.

“Menurun signifikan dibandingkan sebelum pemberlakuan PSBB tersebut. Laporan penurunan itu dalam pantauan petugas di 11 titik akses ke DKI Jakarta dari Bekasi,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ini Harapan Mantan Pj. Bupati Untuk Bupati Purwakarta Terpilih

Terdapat 11 titik yang dipantau diantaranya Pintu Tol Bekasi Timur, Tol Bekasi Barat 1 dan 2, Jl. KH Noer Ali (Kalimalang), Jl. I Gusti Ngurah Rai (Bintara), Pondok Gede, Jatisampurna yang berbatasan dengan Cibubur, Medan Satria arah Pulo Gadung, Stasiun Kranji, Stasiun Bekasi, Stasiun Bekasi Timur dan Terminal Bekasi.

Menurut Dadang, seluruh jalan terpantau sepi kendaraan, bahkan hingga di jalan-jalan arteri. Hal ini menunjukkan bahwa warga sudah mengetahui himbauan yang telah dipublikasi sejak hari- hari sebelumnya mengenai PSBB DKI Jakarta. (Red)