Tanah Perkebunan Milik Warga Ciamis Longsor Sebabkan Banjir

JABARNEWS | CIAMIS – Kurang lebih 5 hektare perkebunan milik warga di Blok Loa, Desa Sukajaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mengalami longsor, Jum’at (10/4/2020).

Peristiwa tersebut menyebabkan aliran di Sungai Cijolang, perbatasan Kabupaten Kuningan, menjadi terhalang.

Ketua Tagana Ciamis, Ade Waluya mengatakan longsor terjadi pada pagi hari, sekira pukul 06.30 WIB. Sebelumnya pada Kamis malam hujan deras telah mengguyur Kabupaten Ciamis.

Baca Juga:  Kalahkan Liverpool Via Adu Penalti, Arsenal Raih Gelar Community Shield

“Adanya material longsor dari tebing setinggi 40 meter dengan lebar 50 meter tersebut telah menyebabkan sebuah luapan air yang cukup besar, hingga warga pemukiman penduduk yang berada di Dusun Walabar, Kabupaten Kuningan terpaksa dievakuasi,” katanya, Jum’at (10/4/2020).

Baca Juga:  BI Hapus DP Kredit Kendaraan Bermotor Mulai 1 Oktober 2020

Akibat kejadian tersebut kata Ade, sementara ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun 1 rumah dilaporkan tertimpa pohon hinga terbawa arus longsor dan pemukiman warga kebanjiran.

“Namun begitu, untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan, kami telah menugaskan anggota Tagana Ciamis untuk berjaga di lokasi perbatasan Ciamis dan Kuningan,” ungkapnya.

Sementara Kepala Desa Sukajaya Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Uju Jumadi membenarkan atas kejadian bencana alam tersebut.

Baca Juga:  29 Media AMSI Tandatangani Komitmen Bersama, Siap Adopsi Trustworthy News Indicators

Menurutnya, pihak Pemerintahan Desa sudah melaporkan atas kejadian tersebut ke tingkat Kecamatan dan diteruskan ke tingkat Kabupaten Ciamis.

Pihak aparatur Desa Sukajaya juga telah dikerahkan ke lokasi kejadian.

“Untuk sementara belum ada laporan korban jiwa,” ucapnya. (Tny)