Sejumlah Lalapan Ini Bantu Jaga Daya Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Makan sayuran seperti lalapan tampaknya sudah menjadi kebiasaan bersantap masyarakat Tanah Air.

Ternyata makan lalapan baik untuk melindungi daya tahan tubuh. Sebab, sejumlah jenis lalapan kaya akan antioksidan yang membantu menjaga sistem imun kita.

Berikut jenis-jenis lalapan yang baik untuk daya tahan tubuh berikut ini dilansir dari laman Kumparan.com.

1. Daun pohpohan.

Daun yang tampilannya mirip sirih ini ternyata termasuk jenis lalapan yang membantu menjaga daya tahan tubuh. Hal tersebut dibuktikan oleh penelitian dalam jurnal Food Chemistry tahun 2010, yang menemukan adanya kandungan antioksidan jenis vitamin C dalam daun renyah itu.

Selain itu, pohpohan juga bisa mencegah dehidrasi, pengeroposan tulang, kulit kering, mengontrol tekanan darah, hingga mengatasi nyeri haid.

Baca Juga:  TPA Cipayung Gunakan Teknologi RDF Dalam Pengelolaan Sampah

2. Selada.

Menurut ahli gizi dr Jovita Amelia, Sp.GK, lalapan seperti mentimun dan selada baik dimakan mentah karena mengandung serat, berbagai vitamin dan mineral.

Apalagi beberapa penelitian telah menunjukkan, bahwa selada dikemas dengan antioksidan yang berguna untuk menangkal efek radikal bebas secara signifikan. Kandungan enzim glukanase dan cardenolides yang terdapat dalam selada juga semakin memperkuat tubuh untuk mencegah perkembangan virus dan bakteri dalam tubuh.

Sementara, dilansir dari Health Benefits Times, kandungan magnesium, zat besi, dan kalium dalam selada juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Kemangi.

Lalapan dengan wangi khas ini juga bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid atau apigenin yang ada di dalamnya.

Baca Juga:  AC Milan Umumkan Telah Rekrut Kiper Anyar, Siapa Dia?

Penelitian yang dilakukan oleh Center for New Crops and Plant Products dari Purdue University mengungkapkan pula, kemangi bermanfaat untuk mengatasi gejala flu, diare, sakit kepala, cacingan, sembelit hingga penyakit ginjal.

4. Mentimun.

Mentimun mengandung flavonoid dan tanin yang bersifat antioksidan. Dilansir dari jurnal Free Radical Scavenging and Analgesic Activities of Cucumis sativus L., sifat antioksidan pada mentimun berperan menjaga tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Termasuk menjaga daya tahan tubuh.

Mentimun juga mengandung senyawa polyphenol bernama lignan yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit kronis; seperti kanker.

5. Kol.

Kol atau kubis dikemas dengan vitamin C. Bahkan vitamin C dalam kol sudah mencukupi 54 persen asupan harian kita. Vitamin C tersebut berfungsi untuk melindungi daya tahan tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baca Juga:  MUI Imbau Masyarakat Kawal dan Jaga Pemilu 2024 Tetap Kondusif

Sedangkan, dikutip dari penelitian Nutrition Journal tahun 2010, melalui analisis FRAP (ferric reducing ability of plasma) kol ungu menyediakan 2,2 mmol antioksidan jenis antosianin tiap 100 gramnya.

Itu artinya, jumlah kandungan antioksidan dalam kol ungu empat kali lebih banyak daripada kol biasa. Sehingga alangkah baiknya kamu mengonsumsi jenis kol ungu yang lebih kaya antioksidan.

Meski kelima jenis lalapan tersebut bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh, jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum dimakan.

“Sayuran mentah itu terutama harus bersih. Jadi, dipastikan harus dicuci bersih agar tidak ada bakteri yang masih menempel,” tegas dr. Jovita. (Red)