Bencana Longsor Sukanagara Tutup Jalan Utama Cianjur Selatan

JABARNEWS | CIANJUR – Bencana longsor membuat geger warga Kecamatan Sukanagara,Bencana Longsor Sukanagara sekitar pukul 16:25 WIB, Kamis (9/4/2020) sore hari.

Informasi diterima JabarNews, longsor tepatnya di sebrang lapang Tarumanegara, Desa Sukanagara, Kecamatan Sukanagara, Cianjur Selatan (Cisel). Akibat longsor akses jalan utama tersebut menyebabkan kemacetan panjang di kedua arah berlawanan.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dani Darohmat mengatakan, dua pengendara motor berhasil melarikan diri saat longsor terjadi, proses pembersihan material longsoran berupa tanah merah, bisa dipastikan akan memakan waktu yang cukup lama.

Baca Juga:  Yuk, Kenali Manfaat Konsumsi Keju Untuk Kesehatan

“Hal ini karena longsoran begitu besar hingga menutupi seluruh badan jalan utama. Mungkin dibutuhkan dua armada alat berat kang,” paparnya, Dani Darohmat.

Dani memaparkan, pihaknya sudah menghubungi Dinas PUPR Provinsi Jawa Barat, dan beberapa dinas lembaga terkait di Kabupaten Cianjur. Pasalnya, jalur tersebut memang milik Pemerintah Provinsi (Pemprov).

“Ya, sementara waktu material longsoran tanah merah dicicil secara bertahap dibersihkan dengan alat seadanya dulu, sambil menunggu alat berat datang,” akunya.

Baca Juga:  Bupati Ciamis Herdiat Sunarya Murka, Ini Sebabnya

Terpisah, Budi (40) alias Abuy warga setempat membenarkan telah terjadi longsoran yang secara tiba-tiba, beruntung tidak ada korban jiwa pada peristiwa longsor tersebut.

“Tapi dua unit sepeda motor harus direlakan pemiliknya terkubur longsoran material tanah tertimbun,” ujarnya.

Ia menjelaskan, tanda-tanda akan terjadinya longsor memang sudah terlihat. Sedikit demi sedikit, material batu dan tanah saling berjatuhan dalam waktu singkat. Bahkan, para pengguna jalan dan sejumlah pengendara motor dan mobil pun masih lalulalang tidak menghiraukan, berbeda dengan apa dirasakan warga setempat.

Baca Juga:  Pemred Tempo: Peretasan Situs Berita Diduga Upaya Pembungkaman

Masih papar Budi, namun tepat pukul 16.20 WIB, saat dua orang pengendara motor dari arah berlawanan sedang melaju dengan kecepatan sedang longsor besar terjadi.

“Pengendara motor terlihat kaget dan seketika meninggalkan kendaraan lalu lari ke area aman,” pungkasnya. (Mul)