Cara Kementan Siapkan Stok Pangan RI Saat Wabah Corona

JABARNEWS | BEKASI – Di tengah wabah corona yang meluas, kekhawatiran terjadi kekacauan sosial di Indonesia muncul. Kekacauan bisa terjadi apabila pemerintah gagal memenuhi kebutuhan pangan.

Pemerintah diminta tetap menjaga ketersediaan serta arus logistik bahan pokok dan pangan tidak terganggu di tengah pembatasan sosial yang dilakukan. Selain itu, harga bahan pokok dan pangan pun harus dibuat terjangkau.

Upaya memberi kemudahan distribusi pangan lewat Pasar Mitra Tani/TTIC terus digaungkan Kementerian Pertanian (Kementan), terutama saat merebaknya pandemi covid-19 hingga jelang puasa dan Idul Fitri.

Baca Juga:  Miliki Ratusan Gram Ganja, Piye Diciduk Polisi

Satu di antaranya, dengan menghadirkan Pasar Mitra Tani/Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Bekasi.

“Ini sesuai petunjuk dari bapak Presiden agar semaksimal mungkin menyediakan pangan untuk masyarakat. Oleh karena itu , melalui Badan Ketahanan Pangan, kami kembangkan pasar mitra tani ini,” ujar Mentan Syahrul Yasin Limpo, saat meluncurkan Pasar Mitra Tani/TTIC di Toko Daging Nusantara, Bekasi, dalam keterangan tertulis, Minggu (12/4/2020).

Selain memperluas pasar mitra tani, langkah strategis distribusi pangan yang dilakukan Kementan adalah mendekatkan produsen pangan ke daerah-daerah yang mengalami kekurangan pasokan.

Baca Juga:  Selama Arus Mudik Lebaran, Operasional Angkutan Barang Akan Dibatasi

“Negara hadir membantu kebutuhan pangan dan mendekatkan komoditas pangan ke pasar. Dengan bgitu ketersediaan cukup,” ujar Syahrul.

Syahrul juga mengungkapkan, ketersediaan pasokan membutuhkan kerja sama dengan semua pihak, sehingga harga-harga berjalan normal dan masyarakat tenang menghadapi situasi covid-19 ini.

“Kami dengan kementerian lain melakukan pengecekan di lapangan bersama teman-teman dari satgas pangan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi mengatakan, Pasar Mitra Tani akan terus diperluas agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan tenang.

“Salah satu tugas kita memperlancar distribusi pangan masyarakat. Oleh karena itu, kami menjalin kerja sama dengan PT Suri Nusantara Jaya,” kata Agung.

Baca Juga:  Ribuan Personel Polisi Diterjunkan Amankan Tempat Autopsi Ulang Brigadir J

Ditambahkan Agung, dalam kondisi pandemi sekarang ini masyarakat tetap bisa mendapat pangan yang murah. Terlebih, masyarakat bisa memesan secara daring, sehingga tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan bahan pangan.

Pasar Mitra Tani Bekasi berada di Toko Daging Nusantara milik PT Suri Nusantara Jaya, Kranggan Bekasi. Melayani penjualan komoditas pangan strategis, antara lain beras, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, gula, dan minyak goreng. (Red)