Silahkan Daftar! Penerima Kartu Prakerja Dapat Fasilitas Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah secara resmi meluncurkan program “Kartu Prakerja” pada Sabtu (11/4/2020). Dengan demikian, masyarakat yang memenuhi persyaratan bisa langsung melakukan pendaftaran melalui situs prakerja.go.id.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, syarat peserta program Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Pendaftarannya terdiri dari tiga tahap.

Pertama, calon peserta atau pendaftar membuat akun Prakerja di situs prakerja.go.id. Kemudian pendaftar memasukkan biodata, seperti nama, tempat/tanggal lahir, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan sebagainya.

Data akan diverifikasi ke Kementerian/Lembaga (K/L) terkait. Kedua, pendaftar mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama ±15 menit. Ketiga, pendaftar bergabung di gelombang pendaftaran yang sedang dibuka.

Baca Juga:  BMKG Laporkan Gempa Bumi 4,1 Magnitudo Guncang Sukabumi

Lalu apa yang akan didapat dari Kartu Prakerja? Berikut penjelasannya seperti dikutip keterangan resmi Kemenko bidang Perekonomian, Jakarta, Sabtu (11/4/2020).

Setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp3.550.000 yang terdiri atas:

1. Bantuan biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000 yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra.

2. Insentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau GoPay milik peserta. Insentif ini terdiri dari dua bagian:

– Insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan (Rp2.400.000).

– Insentif pascapengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 per survei untuk 3 kali survei (Rp150.000).

Baca Juga:  Maksa Ikut Seleksi CPNS, Pasien Positif Covid-19 Ini Dipulangkan

Peserta dapat mengambil pelatihan selanjutnya apabila sudah menuntaskan pelatihan yang pertama. Bantuan akan hangus apabila dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima, peserta belum menggunakan Kartu Prakerja untuk pelatihan pertama.

Sisa bantuan biaya pelatihan setelah pelatihan pertama dapat digunakan untuk membeli modul pelatihan selanjutnya hingga 31 Desember 2020.

Pendaftaran Kartu Prakerja dilakukan setiap minggu dengan beberapa tahap. Gelombang pertama akan dilakukan sejak (11/4/2020) sampai 16 April hingga pukul 16.00 WIB.

Untuk pengumuman peserta yang akan diterima pada tahap pertama akan dilakukan pada Jumat (17 April 2020). Setelah diterima maka akan diberikan kode unik untuk membeli pelatihan yang diinginkan di platform digital yang sudah bekerja sama dengan Pemerintah.

Baca Juga:  DPT Purwakarta Bertambah 180 Orang, KPU Purwakarta: Pemilih Tercatat Ganda di Sidalih

Namun, apabila belum lolos atau tidak diterima di tahap pertama, maka bisa mencoba di gelombang kedua. Gelombang kedua akan dibuka pada 16 April 2020 di atas pukul 16.00 WIB.

Akan ada petunjuk di web. Bagi masyarakat yang alami kesulitan untuk daftar maka manajemen pelaksana kartu prakerja sediakanan layanan masyarakat atau call center di 02125541246. Tiap Senin sampai Jumat 08.00-19.00 WIB. Bisa juga di email di [email protected] (Red)