aqua

Kabar Gembira! Ilmuan Pastikan Vaksin Corona Siap September Ini

Dalam kondisi normal, pembuatan vaksin memakan waktu 12 sampai 18 bulan, seperti dalam kasus Ebola.

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JABARNEWS | BANDUNG - Kapan pandemi virus corona akan berakhir? Para ilmuwan pun menyatakan wabah itu akan berakhir ketika vaksin Covid-19 bisa ditemukan. Pertanyaannya pun dilanjutkan kapan vaksin tersebut akan ditemukan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, bahwa saat ini ada 70 vaksin virus corona yang dikembangkan oleh berbagai institusi, baik perusahaan maupun kampus, di banyak negara.

Baca Juga:

Ketua DPRD Jabar: Perda Lansia Akan Dikaji

Emil: Optimistis, Atlet Jabar Bawa Pulang Piala Olympic World Summer Games 2019



Berdasarkan isi dokumen WHO seperti dilaporkan Bloomberg, Senin (13/4), dari 70 vaksin korona yang sedang dikembangkan tersebut, tiga vaksin di antaranya sudah diuji coba pada manusia. Satu dari tiga vaksin itu dalam proses klinis yang dikembangkan hasil kerja sama CanSino Biologics Hong Kong dengan Institut Bioteknologi Beijing.

Uji coba vaksin ini sudah memasuki fase 2. Dua lainnya yang sudah diuji pada manusia, masing-masing dikembangkan oleh produsen obat Amerika Serikat, yakni Moderna dan Inovio Pharmaceuticals.

WHO menyebut, perusahaan farmasi raksasa seperti Pfizer dan Sanofi juga memiliki kandidat vaksin yang sudah memasuki tahap pra-klinis. Masifnya penyebaran virus corona yang dalam 4 bulan sudah menjangkiti lebih dari 200 negara dan wilayah memaksa para peneliti untuk bekerja keras membuat vaksin dalam waktu singkat dan belum pernah terjadi sebelumnya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Virus Corona Covid-19 Ridwan Kamil Zona Merah Penyebaran Corona Rapid Test Massal WHO Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal berita Hiperlokal

berita terkait

Harkonas 2019 Akan Dirayakan Di Jawa Barat

Jabar Masih Menjadi Favorit Para Investor

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi