aqua

MTI Sebut 1,3 Juta Pemudik Ngebet Pulang Kampung

Berdasarkan Kementerian Perhubungan sekitar 900 ribu orang sudah mudik

Ilustrasi mudik (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Sejumlah daerah terancam menjadi pusat penularan baru virus corona. Pasalnya Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyebutkan masih ada 1,3 juta orang terutama yang tinggal di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) untuk melakukan tradisi mudik dan pulang kampung.

Ketua MTI Agus Taufik Mulyono mengatakan sekitar 900.000 orang sudah mudik sisanya tinggal 2,6 juta yang belum pulang kampung. Ini berdasarkan hasil rapat dengan Kementerian Perhubungan.

Baca Juga:

Catat! Ini 50 Titik Rawan Kemacetan Sepanjang Arus Mudik di Jawa Barat

Dinkes Kabupaten Tasikmalaya Siapkan 8 Posko Mudik



"Namun, setengah dari 2,6 juta orang dari data tersebut, yakni berprofesi sebagai PNS, pegawai BUMN, BUMD yang sudah mendapat Instruksi Presiden untuk dilarang mudik. Artinya, ada 1,3 juta orang yang dianggap masih ada potensi mudik,” katanya. Selasa (14/4/2020).

Agus mengatergorikan tiga asal pemudik, yakni nekat mudik karena budaya mudik tahunan, nekat mudik karena tidak ada pemasukan biaya hidup dan bersikeras mudik karena permintaan orang tua dan keluarga.

"Inilah daerah pusat wabah baru, kalau misalkan mudik ini tidak ditangani pemerintah atau kita semua ikut menangani," kata Agus Taufik Mulyono dalam konferensi pers yang berlangsung virtual, Selasa (14/4/20).
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Mudik Lebaran Nekat Mudik Pandemi Corona Kenemterian Perhubungan Masyarakat Transportasi Indonesia Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Arus Mudik di Tol Cipali Diprediksi Membludak pada H-5

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi