Mendes PDTT: Masyarakat Desa Terdampak Corona Dapat BLT

JABARNEWS | BANDUNG – Masyarakat terdampak wabah Virus Corona (Covid-19) akan mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) dari Dana Desa sebesar Rp600 ribu per bulan.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan pemberian ini akan diberikan selama tiga bulan.

Halim menuturkan BLT Dana Desa tersebut dapat dicairkan sebelum memasuki bulan Ramadhan. Dana fokus disalurkan kepada warga desa terdampak Covid-19 yang belum mendapat bantuan program lain dari pemerintah.

Baca Juga:  Terjadi Hujan Es di Sekitar Gunung Sinabung, Kok Bisa?

“Ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, apalagi minggu ketiga bulan April sudah masuk bulan Ramadhan,” kata Halim dilansir dari laman Tempo.co, Rabu (15/4/2020).

Baca Juga:  Duo dari Tiga Pemain Juventus Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Dia menginginkan semua warga desa khususnya yang terdampak terbantu dengan peralihan Dana Desa ke bantuan langsung. Sehingga uang bisa dibuat untuk kebutuhan sehari-hari khususnya di bulan suci Ramadhan.

“BLT Dana Desa ini sasarannya adalah warga miskin yang belum menerima PKH, yang belum menerima bantuan pangan nontunai, yang belum menerima kartu prakerja,” katanya.

Baca Juga:  Paslon Nomor 3 Unggul Di Survei LPPM

Sebagai penutup, Halim meminta kepala desa bersama pemerintah daerah segera mendata warga desa yang dianggap layak mendapat BLT Dana Desa tersebut. Untuk pulau Jawa ditargetkan 1-2 hari ke depan bisa rampung sehingga dana dapat segera dicairkan. (Red)