Makanan Kaya Sumber Vitamin E Ini Baik Untuk Kesehatan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin E disebut dapat membantu tubuh dalam menjaga daya tahan di tengah pandemi Covid-19 (virus corona). Fungsi dari vitamin ini pun beragam, mulai dari berfungsi sebagai antioksidan, melindungi sel darah merah, kesehatan kulit, mengatasi stres, dan minimalkan risiko kanker.

Sejumlah upaya pencegahan penyebaran virus ini pun terus dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk mempertahankan kekebalan tubuh, seperti misalnya makanan yang mengandung vitamin E.

Vitamin E dipercaya ampuh untuk dapat mencegah penularan virus corona. Vitamin ini merupakan vitamin yang larut dalam lemak atau dikenal sebagai tokoferol dan tocotrienol.

Adapun fungsi utama dari Vitamin E yaitu untuk menjaga daya tahan tubuh guna mencegah masuknya virus dan penyakit, termasuk salah satunya mencegah penularan virus corona.

Baca Juga:  Besok! Harga Minyak Goreng Jadi Rp14 Ribu Per Liter, Ini Kata Airlangga Hartarto

Meski memiliki banyak fungsi bagi kesehatan, kita tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan karena bisa menimbulkan sakit kepala, diare, mual, pendarahan, letih, dan lemah.

Setidaknya orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi Vitamin E sebanyak 15 mg setara 22,4 IU per hari. Vitamin ini biasanya dapat ditemukan dalam makanan yang berupa kacang-kacangan dan biji-bijian.

Mau tahu makanan apa saja yang mengandung vitamin E tinggi? Berikut empat jenis makanan yang mengandung vitamin E tinggi dikutip dari laman halodoc.com.

Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari atau kuaci mengandung Vitamin E dan selenium yang tinggi. Makanan ini bisa membantu tubuh menangkal radikal bebas yang merusak membran sel otak dan kolesterol.

Baca Juga:  Mangkir Lagi, Rizky Billar Akan Dijemput Paksa

Banyak manfaat yang diperoleh dari makanan ini, di antaranya untuk kesehatan tulang, kesehatan kulit, melawan kanker, dan penyakit jantung.

Biji Labu

Biji labu juga memiliki kandungan nutrisi tinggi, termasuk Vitamin E dan betakaroten. Kandungan nutrisi tersebut dapat bermanfaat untuk menjaga sel-sel tubuh tetap baik.

Biji labu juga bisa bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker, kesehatan jantung, kualitas tidur, dan kesehatan tulang. Biji labu ini dapat dimasak dengan memisahkan dari labu, kemudian cuci, keringkan, lalu rebus dan kupas.

Kacang Almond

Omega 3 dalam kacang almond adalah salah satu obat alami yang bisa membuat lelah dalam tubuh berkurang. Selain kacang almond, beberapa biji-bijian juga sangat baik dalam menormalkan kembali stamina tubuh yang berkurang akibat kelelahan.

Baca Juga:  Suka Warnai Rambut Tapi Cepat Memudar? Coba Hindari Hal Ini

Kacang almond tergolong makanan yang enak dan sering ditemukan pada kue. Ternyata almond memiliki kandungan Vitamin E yang tinggi dan baik bagi tubuh. Vitamin E tersebut digunakan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

Kacang Hazelnut

Kacang hazelnut juga tergolong salah satu makanan yang mengandung vitamin E tinggi. Kandungan asam lemak omega-6 dan omega-9 juga tinggi pada makanan ini.

Jika kita rutin mengonsumsi makanan ini, kekebalan tubuh akan kuat dari berbagai serangan penyakit dan virus, termasuk virus corona. Vitamin E dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. (Red)