Ini Aplikasi Deteksi Covid-19 di Sekitar Anda, Segera Install!

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika bersama Operator Seluler meluncurkan Aplikasi Nasional PeduliLindungi. Aplikasi ini dihadirkan sebagai salah satu upaya untuk meredam wabah virus corona di Indonesia.

Aplikasi ini diciptakan untuk mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP).

Cara kerjanya mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.

Baca Juga:  Mendagri Serukan Jajaran Pemerintahan Peringati dan Maknai Jiwa Kepahlawanan

Selain itu, aplikasi ini juga dapat memudahkan masyarakat yang tengah beraktivitas di luar rumah untuk mewaspadai kurir pembawa virus. Asal dengan catatan, seluruh masyarakat baik yang positif, sembuh, dalam pemantauan, maupun sehat memberikan informasi dirinya.

Pertukaran data akan terjadi ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di Peduli Lindungi. Apabila terdeteksi adanya ancaman virus dalam radius dekat, maka sistem akan menginformasikan ke si pengguna.

Baca Juga:  Gelar Media Gathering, Ini Resolusi Lapas Purwakarta Tahun 2020

Jadi kalo gadget kita berbunyi artinya kita berada di redzone tanpa kita ketahui siapa orangnya. Dan kita harus hindari tempat itu segera.

Saat pertama kali dipasang, PeduliLindungi akan meminta nama lengkap dan nomor ponsel pengguna. Kemudian, aplikasi ini juga membutuhkan akses ke layanan lokasi (GPS) dan Bluetooth perangkat.

Baca Juga:  Sapi Kurban Masuk Sumur Sedalam 20 Meter

Aplikasi Peduli Lindungi bisa diunduh di sistem aplikasi Android maupun di iOS. Berikut link download aplikasi Peduli Lindungi.

Android:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.telkom.tracencare

IPhone:

https://apps.apple.com/id/app/id1504600374

Silakan di install Aplikasi Peduli Lindungi ini di gadget kita masing-masing. Pembuat PeduliLindungi menjamin kerahasiaan dara pribadi yang disebut tersimpan dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan ke orang lain. (Red)