aqua

Cegah Badai PHK, Presiden Jokowi Akan Lakukan Ini

Presiden Jokowi stimulus ekonomi bagi pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif

Presiden Jokowi didampingi Menteri Keuangan, Sri Mulyani. (Foto: Biro Sekretariat Presiden)

JABARNEWS | BANDUNG - Indonesia dikhawatirkan akan menemui gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bila tak sigap menyelesaikan pandemi virus Corona (COVID-19). Menurut Center of Reform on Economic (CORE) Indonesia, peningkatan jumlah pengangguran terbuka akan terjadi pada triwulan II-2020 mendatang. Untuk skenario terburuk, jumlahnya bisa mencapai 9,35 juta pengangguran.

Menanggapi hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan stimulus bagi pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif agar mereka dapat bertahan di situasi pandemi COVID-19, dan tidak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap pekerja.

Baca Juga:

Hore! Jokowi Akan Beri Gaji Korban PHK Selama Enam Bulan

Pengangguran di Karawang Tercatat Mencapai 102.000 Orang



“Penyiapan stimulus ekonomi bagi pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif agar betul-betul dilakukan, agar mereka bisa bertahan dan tidak melakukan PHK besar-besaran,” kata Presiden saat membuka rapat terbatas mengenai Mitigasi Dampak Covid-19 Terhadap Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (16/4/2020).

Presiden mengatakan perumusan stimulus untuk mencegah PHK tersebut merupakan satu dari tiga langkah mitigasi yang akan dilakukan pemerintah untuk mengurangi dampak pandemi COVID-19 terhadap pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf).

Selain stimulus untuk mencegah PHK, dua langkah mitigasi lainnya adalah pemberian program perlindungan sosial bagi pekerja di sektor pariwsata dan ekonomi kreatif. Presiden meminta perlindungan sosial bagi pekerja pariwisata dan ekraf ini dipastikan tepat sasaran. Langkah kedua adalah realokasi anggaran dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk program padat karya di sektor pariwisata.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Badai PHK Pengangguran Pemutusan Hubungan Kerja Presiden Jokowi Joko Widodo Menteri Keuangan Sri Mulyani Kemenkeraf Wishnutama Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Disnakertrans Jabar Buka Bursa Lowongan Kerja di Bandung

Tips Cara Mendapatkan Kartu Pra Kerja

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi