Gunakan Dana Desa Pemdes Sukamaju Bangun Jalan Rabat Beton

JABARNEWS | CIANJUR – Di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamaju, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, gencar melakukan pembangunan infrastruktur jalan desa.

Hal ini dilakukan guna memberikan kelancaran dalam transportasi darat dengan membangun jalan rabat beton di Kampung Paseh RW 05, Jumat (17/4/2020).

Kepala Desa (Kades) Sukamaju melalui Kepala Seksi Kesejahteraan (Kasi Kesra) Ahmad Ijudin mengatakan, pekerjaan dikerjakan memprioritaskan pembangunan jalan rabat beton, panjang sekitar 270 meter kali tiga meter. Anggaran dikucurkan melalui Dana Desa (DD) tahun 2020 Rp.159,630,000, pelaksanaan kerja sekitar 18 hari kalender kerja.

Baca Juga:  Dilarang, Perlombaan 17 Agustus di Kota Bandung

“Tapi, kalau targetan sebelum puasa bulan Ramadhan saat ini bisa selesai. Jadi lebih cepat lebih baik,” katanya saat dihubungi langsung.

Ia memaparkan, adanya pembangunan infrastruktur jalan desa melalui rabat beton ekonomi masyarakat sini bisa lebih meningkat, maju dan berkembang dalam segala hal dan bidang. Baik itu pertanian, perdagangan dan lainnya. Dan, akses jalan desa tersebut itu merupakan akses utama warga Desa Sukamaju. Yaitu meliputi akses pelayanan masyarakat, pendidikan, pertanian dan perekonomian.

Baca Juga:  Sebelum Ibadah Umroh, Pedangdut Ayu Ting Ting Tumbang di Mekkah

“Dengan dibangunnya jalan desa saat ini untuk mempermudah akses masyarakat dalam melakukan aktivitas,” ujar Ahmad.

Masih menurut Ahmad, tujuan dibangunnya akses jalan untuk meningkatkan kebutuhan dasar fisik dan secara garis besarnya bisa dirasakan masyarakat secara berkelanjutan, dibangunnya akses infrastruktur jalan desa tersebut ada sejumlah potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA).

“Bahkan selalu dilalui warga, baik warga pribumi dan luar daerah. Dan, sebelumnya hasil musyawarah ajuan atau aspirasi warga sini,” pungkasnya.

Baca Juga:  Tahapan Kampanye Pilkada Sudah Dimulai, Ini Kabar Soal Logistik

Terpisah, Bendahara Desa Sukamaju, Yeti mengatakan, pembangunan jalan rabat beton tidak lepas dari dukungan dan partisipasi masyarakat. Oleh karena itu, saya mengucapkan terimakasih atas partisipasi masyarakat Desa Sukamaju.

“Kita kerjakan secara bertahap, memanfaatkan kucuran bantuan program dari pemerintah. Mudah-mudahan pada tahun selanjutnya kami akan terus melaksanakan pembangunan berbagai sarana yang dianggap sebagai kebutuhan,” pungkasnya. (Mul)