Konsumsi Jantung Pisang Ternyata Bisa Cegah Infeksi Hingga Depresi

JABARNEWS | BANDUNG – Untuk urusan kesehatan, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Petuah mencegah datangnya penyakit memang ada benanrnya, dengan memebiasakan diri dengan poola hidup sehat dan mengonsumsi makanan membawa banyak manfaat untuk kesehatan.

Salah satu yang bermanfaat untuk kesehatan pada konsumsi makanan adalah jantung pisang. Jantung pisang bukan berarti bagian dalam batang pisang. Jantung pisang merujuk pada bunga pisang, si cikal bakal buah pisang.

Di Indonesia, jantung pisang diolah menjadi lauk kawan bersantap nasi semisal diolah jadi sayur lodeh santan atau tumis. . Ia tumbuh pada berbagai jenis pohon pisang. Pada sebagian jenis pisang, bagian ini memiliki kulit luar merah dan bagian dalam putih kekuningan.

Baca Juga:  Kamu Lulusan Unisba? Baca Dulu Info Penting Ini

Jantung pisang memiliki manfaat tak terduga untuk kesehatan keluarga. Style Craze, African Journal of Biotechnology mengatakan dalam 100 gram jantung pisang memberikan beragam nutrisi.

Nutrisi tersebut adalah kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, tembaga, kalium, magnesium, dan vitamin E.

Jika jantung pisang memiliki sejumlah nutrisi di atas tentu tak ragu lagi mencoba masakan ini bukan? Kemudian, apa ya manfaat mengonsumsi jantung pisang untuk kesehatan kita? yuk kita simak ualsannya.

Mencegah infeksi

Jantung pisang mengandung etanol yang memiliki kemampuan untuk mengobati atau mencegah infeksi. Etanol akan mencegah pertumbuhan bakteri patogen yang dapat memperparah kondisi luka. Selain itu, ekstrak bunga pisang yang ada dalam jantung pisang dapat mencegah pertumbuhan parasit malaria.

Baca Juga:  Ketiga Kalinya Pemkot Bekasi Perpanjang Masa ATHB, Ini Alasannya

Menjaga kondisi kesehatan ibu hamil dan menyusui

Mengonsumsi jantung pisang secara rutin dapat membantu menyembuhkan pendarahan yang berlebih, menjaga rahim yang sehat, membatasi sembelit selama kehamilan, dan meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui.

Mengatasi masalah menstruasi dan penurunan berat badan

Para perempuan yang mengonsumsi jantung pisang juga bisa mendapatkan manfaat. Konsumsi jantung pisang bisa meningkatkan progesteron yang mengurangi pendarahan berlebih dan sakit perut saat menstruasi. Masakan jantung pisang juga dapat menenangkan perut apabila dikonsumsi. Kandungan seratnya yang tinggi bisa membantu siapapun yang berusaha menurunkan berat badan. Agar manfaat jantung pisang untuk menurunkan berat badan lebih maksimal, coba pakai bunga pisang untuh campuran bahan salad atau sup.

Baca Juga:  Ini Lima Fitur Khusus GrabExpress Buat Dukung Pelaku UMKM

Meningkatkan mood dan mengatasi kecemasan

Magnesium yang dikandung jantung pisang berfungsi sebagai anti-depresan. Jadi, dengan mengonsumsi jantung pisang, orang dapat memiliki mood yang baik dan mengurangi gangguan kecemasan, bahkan tanpa efek samping.

Mencegah gangguan saraf

Jantung pisang juga mengandung zat anti-radikal bebas. Karena itu, mengonsumsi makanan ini bisa bermanfaat untuk mencegah sakit gangguan saraf seperti Parkinson dan Alzheimer yang diakibatkan oleh radikat bebas. (Red)