aqua

Inilah Yang Menentukan Zona Merah Covid-19 Suatu Daerah Di Indonesia

Terdapat tiga jenis status keadaan darurat bencana yaitu siaga darurat, tanggap darurat dan darurat ke pemulihan.

Penanganan pasien Covid-19. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) menetapkan kasus virus corona sebagai kejadian luar biasa (KLB). Dalam hal ini penyakit coronavirus (covid-19) termasuk bencana nonalam yang sudah ditingkat pandemi sesuai dengan pernyataan WHO.

Penyebaran virus Corona telah terjadi hampir di semua daerah di Indonesia. Namun demikian, masing-masing daerah memiliki status zonanya tersendiri. Diketahui jika dalam memetakan daerah sebaran Covid-19, Pemerintah menetapkan 4 warna zona.

Baca Juga:

Dinilai Penting, PKB Usulkan BNPB Jadi Kementerian Sendiri

BNPB: Potensi Tsunami di Selatan Jawa Tinggi



Status identifikasi wilayah terpapar virus corona terbagi ke dalam beberapa zona, yakni zona merah, oranye, kuning dan hijau. Status tersebut pun mempengaruhi tingkat penanganan dan kewaspadaan dalam menghadapi wabah global ini.

Kode zona dengan warna berbeda-beda ini digunakan untuk memantau dan merespons penanganan wabah di wilayah terpapar. Pembagian zona ini harus tepat dan tidak boleh sembarangan.

Pasalnya, zona dari setiap wilayah akan menentukan tindakan pemeriksaan hingga pembatasan perjalanan ke wilayah lain. Dengan demikian, upaya penanganan yang dilakukan bisa lebih efektif dan tepat sasaran.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4 5 6 7
Tags : Penetapan Darurat BNPB Kementerian Kesehatan Virus Corona Pandemi Corona Presiden Joko Widodo Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

223 Rumah Rusak Akibat Gempa Banten

Dua Rumah Sakit di Cianjur Ini Turun Kelas

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi