Mengenal Peran Satlinmas Pada Hut Ke-58 di Cianjur

JABARNEWS | CIANJUR – Kepala Seksi (Kasi) Satlinmas Pol PP dan Damkar Kabupaten Cianjur, Cecep Apandi mengatakan, anggota Satlinmas saat ini di Jawa Barat menurut data berjumlah 118.121, Cianjur sendiri jumlahnya ada 3600 orang untuk selalu siap dan siaga dalam melaksanakan tugas membantu menjaga keamanan, ketertiban.

“Bahkan turut langsung dalam penanggulangan bencana alam, tidak sedikit berada dalam garis terdepan dalam penanggulangam Virus Corona (Covid-19) saat ini telah menjadi pandemi di dunia, Indonesia juga di wilayah Jawa Barat,” katanya saat ditemui langsung di meja kerjanya, Senin (20/4/2020).

Baca Juga:  Ingat, Besok Ada Pengumuman Penting dari Menteri Agama

Cecep memaparkan, seperti dijelaskan bahwa Satlinmas adalah organisasi yang dibentuk oleh pemerintah desa/kelurahan dan beranggotakan masyarakat, disiapkan dan dibekali pengetahuan. Keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana.

Baca Juga:  Cerita Sopir Ambulans Pengangkut Jenazah Eril Kagum Pada Sosok Ridwan Kamil, Begini Katanya

“Bahkan, selaku ikut serta memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan dan lainnya,” jelasnya kepada JabarNews.

Satlinmas merupakan jajaran keamanan pertama yang turun langsung ke masyarakat. Misalnya terjadi bencana alam, sosial , perselisihan warga atau bahkan gangguan trantibum lainnya.

“Satlinmas biasanya akan menjadi garda terdepan membantu menyelesaikannya bersama-bersama unsur keamanan lainnya,” ujar Cecep.

Baca Juga:  Kabupaten Bogor Gencar Razia Masker, Petugas Berikan Sanksi di Tempat

Terpisah, Satpol-PP Desa Gunungsari ,Kecamatan Ciranjang, Iyon berharap, di HUT Linmas ke 58 tahun ini pemerintah agar tidak melupakan perasn satlinmas walaupun sebelumnya oleh Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2014.

“Bagaimana pun selalu ada di garda terdepan. Meskipun dituntut untuk bekerja secara sukarela, dipastikan tugas yang dilakukan satlinmas tidaklah mudah. Anggota satlinmas bekerja dengan tidak memperoleh gaji,” ujarnya. (Mul)